Ekonomi BisnisSepi Investor Jadi Kendala Energi Panas Bumi di Jateng...

Sepi Investor Jadi Kendala Energi Panas Bumi di Jateng Belum Tergarap

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah menyebutkan, minimnya investor menjadi kendala terbesar sumber energi panas bumi di Jateng belum tergarap maksimal.

Kepala ESDM Sujarwanto mengatakan, potensi energi panas bumi di Jateng cukup besar, karena ada beberapa gunung berapi yang memiliki sumber panas bumi seperti, di Merapi, Slamet, Merbabu dan Ungaran.

Meski demikian, kendala terbesar dalam pemanfaatan tenaga panas bumi yakni belum ada investor yang tertarik menggarapnya.

“Tidak ada kendala dalam pemanfaatan panas bumi. Kendala selama ini hanya masalah investasi untuk memanfaatkan energi tersebut,” katanya, Selasa (9/7/19).

Disebutnya, sedikitnya ada 7 lokasi lapangan sumber panas bumi yang telah terpetakan. Kendati demikian, baru beberapa yang sudah dimanfaatkan dengan baik.

“Khusus untuk panas bumi ada 7 lokasi. Tapi baru di Dieng tenaga panas bumi dimanfaatkan jadi listrik untuk warga setempat,” ucapnya.

Dilanjutkannya, Pemprov Jateng saat ini mengupayakan pemanfaatan di sektor lain, seperti tenaga surya untuk dijadikan listrik. Hal tersebut, dapat terlihat dari beberapa kantor dinas yang sudah menggunakan tenaga Surya.

Selain tenaga Surya, pemerintah juga telah memanfaatkan beberapa energi yang berasal dari sampah seperti di Kabupaten Cilacap dan Kota Semarang.

Sementara itu, Ketua Program Studi Magister Energi Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang Jaka Windarta mengemukakan, jika pihaknya sangat siap membantu pemerintah dalam melakukan perencanaan energi daerah.

“Kami dari akademisi sudah sangat siap membantu pemerintah dalam melakukan perencanaan energi daerah dengan memberikan masukan maupun kajian secara ilmiah,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda