Sukseskan HPN 2023, USM Antusias Jadi Tuan Rumah Seminar Kebangsaan

0
Rektor USM Dr. Supari, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir. Soeharsojo dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud dalam audiensi terkait persiapan HPN 2023 tingkat Jawa Tengah. (foto:ist)

SEMARANG, ZONAPASAR.COM –  Universitas Semarang (USM) antusias dalam mensukseskan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Jawa Tengah.USM pun siap mendukung digelarnya kegiatan seminar kebangsaan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di kampusnya.

Antusisme USM itu disampaikan langsung oleh Rektor USM Dr. Supari, ST, MT dan Anggota  Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir.Soeharsojo, IPU saat berbincang dengan Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud di kampus USM, Jumat (21/10).

Dalam audiensi ini, Amir Machmud NS beserta pengurus PWI Jawa Tengah lainnya menyampaikan rangkaian kegiatan HPN 2023 di tingkat Jawa Tengah yang beberapa kegiatannya akan diadakan di kampus USM.

“Saya seneng sekali USM dipilh jadi tempat penyelenggaraan UKW, mohon nanti detailnya kami diberikan datanya, ruangan yang dibutuhkan seperti apa, dan fasilitas yang perlu disiapkan. Nanti biar detailnya kita bicarakan dan komunikasikan dengan teman-teman di lapangan,” ujar Dr.Supari.

Begitu juga dengan rencana kegiatan seminar kebangsaan yang akan digelar di kampus USM. “USM salah satu visinya juga ingin menjadi kampus kebangsaan, sehingga matur nuwun dan ini tepat. Saya menyambut baik uluran ide dari PWI Jateng ini,” lanjut Dr.Supari.

Anggota Dewan Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir. Soeharsojo juga menyambut baik kegiatan-kegiatan yang akan digelar di kampus USM. “Saya mewakili yayasan matur nuwun dan merasa gembira dirawuhi Mas Amir dan temen temen PWI. Dari yayasan akan membackup apa yang akan dilaksanakan PWI dan disambut baik Pak Rektor tadi,” imbuhnya.

Tidak hanya penyelenggaraan UKW, lanjut Soeharsojo, untuk seminar kebangsaan juga dinilainya sangat tepat diadakan di USM. Hal itu sejalan dengan visi USM terkait kampus kebangsaan.

“Kampus kebangsaan itu kalau kita jadi pilihan tentu kita sambut gembira, karena Dewan Penyantun kita Menkopolhukam, kalau disetujui nanti beliau yang akan jadi keynote speakernya. Insyaallah kita akan fasilitasi itu. Rabu besok bersama Prof Darto dan Pak Rektor akan ketemu Prof Mahfud, nanti akan kita programkan itu,” terangnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menuturkan, audiensi ke USM dalam rangka menyongsong peringatan HPN 2023 ini merupakan audiensi kedua setelah sebelumnya dengan Kantor Bank Indonesia.

“Rangkaian kegiatan HPN 2023 nanti mulai Februari dan puncaknya di Jawa Tengah pada Maret. Berbeda dengan yang sudah-sudah, kami ingin buat tema kegiatan HPN berkisar intelektual yang mengkampanyekan hal-hal yang bijak, bening, dan jernih menyongsong tahun politik 2024,” katanya.

Diakui, Tema HPN 2023 di Jawa Tengah Goes To Campus dimaksudkan untuk membasiskan pemikiran dengan mitra kerja kalangan kampus atau akademisi. “Dialog 4 rektor yang sebelumnya sudah ada, besok tetap dipertahankan, hanya saja formatnya masih kita cari format yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Selain USM, beberapa mitra kerja kampus yang sudah bermitra dengan PWI Jawa Tengah diantaranya Udinus, UIN Walisongo, Unissula, UKSW Salatiga dan kampus lainnya. “Yang ingin saya tekankan nanti rektor-rektor  khusus bicara mengupas kemarakan buzzer,  itu kekuatan anti demokrasi yang memecah belah bangsa,” tandasnya.

Untuk seminar kebangsaan, kata Amir machmud, memang ditawarkan ke USM untuk menjadi tuan rumah. “Soal kampus kebangsaan ini nanti dikaitkan dengan tahun politik, dimana dimulai dengan kegelisahan yang muncul terkait dua kubu mayor yakni cebong dan kadrun. Kita berikan pemikiran supaya politik aliran dan politik identitas tidak menguat terus,” tandasnya. (alkomari)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan