Tahap Pertama, Rumah Zakat Bangun 100 Shelter di Lombok

LOMBOK– Pada tahap pertama, Rumah Zakat membangun 100 shelter atau hunian sementara di pos pengungsian Dusun Menggala, Desa Pemenang, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara. Shelter tersebut bisa diisi oleh lima sampai enam orang dengan luas bangunan 4,5 x 4,5 meter.

“Alhamdulillah pembangunan shelter ini berjalan tepat waktu. Dalam proses membangun shelter ini kami memberdayakan warga setempat dengan menggunakan dinding bilik yang dianyam langsung oleh warga sekitar, sehingga bisa menambah penghasilan untuk warga,” jelas Andri Murdianto, Crisis Center Rumah Zakat.

Dengan dua ruang kamar tidur dan satu ruang keluarga, shelter tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para warga terdampak gempa. Jika nanti masa rehabilitasi selesai dan kondisi warga sudah kembali normal, shelter tersebut akan dialih fungsikan menjadi cottage bagi para wisatawan.

Selain itu, di sekitaran shelter Rumah Zakat akan dibangun fasilitas umum lainnya untuk memudahkan aktivitas para warga. Diantaranya akan dibangun masjid dan sekolah darurat, layanan, serta MCK.

“Apabila kondisi masyarakat sudah membaik, shelter ini nantinya akan digunakan sebagai cottage bagi para wisatawan. Dengan demikian bisa menjadi salah satu potensi pariwisata yang bisa menambah penghasilan warga,” kata Andri. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here