Tim 2 KKN Undip Atasi Penggunaan Bahan Kimia Berlebih pada Tanaman Pertanian di Desa Karangtejo

Tim 2 KKN Undip turut serta membantu mengatasi penggunaan bahan kimia berlebih pada tanaman pertanian warga Desa Karangtejo.

SEMARANG – Pertemuan rutin selapanan Kelompok wanita tani pada Hari Selasa, (16/8/19) tidak seperti biasa, pada hari tersebut dilakukan pemberian materi dan demo pembuatan fungisida nabati dan POC (Pupuk Organik Cair) oleh Mahdelia Alyaa Khaerunisa mahasiswa Undip Jurusan Pertanian dan Agustina Salashita Auralia Jurusan Perikanan, kegiatan tersebut bertempat di Gedung serbaguna Balai Desa Karangtejo.

Acara ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan program monodisiplin Tim 2 KKN Undip Desa Karangtejo sekaligus untuk mempersiapkan masa tanam padi setelah selesai masa panen tembakau.

“Penggunaan fungisida nabati dan pupuk organik cair sangat diperlukan untuk menekan penggunaan bahan anorganik,” kata Wahono, Ketua GAPOKTAN.

Persiapan tanam padi merupakan hal yang penting bagi masyarakat, terutama dalam penanganan penyakit blast yang biasa menyerang sekaligus mengembalikan kesuburan tanah setelah penanaman tembakau secara masal.

Penyakit blast merupakan penyakit utama yang banyak menyerang tanaman padi dan banyak menyebabkan kerugian, penyakit ini menyebabkan patahnya malai yang disebabkan oleh jamur Pyricularia grisea, selain penyakit blast, masalah yang sering menyerang adalah kesuburan tanah.

Pemberian Pupuk Organik Cair menggunakan limbah cucian ikan dapat digunakan untuk mengatasi kesuburan tanah yang menurun akibat pemanenan.

Pemaparan materi mengenai penyakit blast dan fungsisida dilakukan terlebih dahulu sebelum demo dilakukan.

Fungisida nabati dibuat dari beberapa bahan yaitu kencur, temulawak, temuireng, umbi gadhung dan bawang putih sedangkan pupuk orrganik cair dibuat dari air bekas cucian ikan.

Setelah demo dan pemberian materi diharapkan masyarakat dapat mempraktikannya pada lahan pertanian secara kontinyu. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here