Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, DPRD Minta Pengelolaan PRPP Lebih Inovatif

SEMARANG- DPRD Jateng meminta pengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan (PRPP) Jateng terus melakukan inovasi atau terobosan untuk menggaet lebih banyak wisatawan berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Anggota Komisi C DPRD Jateng  Muh. Hendri Wicaksono mengatakan, pengelola PRPP Jateng bisa belajar dari pengelolaan “Jatim Park” di Kota Malang Jawa Timur.

Disana, kata dia ada museum musik satu-satunya yang dimiliki di Indonesia, bahkan merupakan satu-satunya se-Asean. Hal tersebut pun menjadi magnet wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk mengunjunginya.

“Pengelola harus banyak membuat event yang menarik dan unik, event yang khas atau tidak ada di tempat lain. Saya yakin bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung setia. Yang tidak hanya secara berkala saja seperti datang saat Jateng Fair tiap Agustus atau momen tahun baru saja,” ujarnya, Selasa (8/1).

Ditambahkan, posisi PRPP yang kian strategis dengan area pintu utama Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang harus bisa dioptimalkan sebaik mungkin.

Sementara itu, Direktur PT PRPP Jateng Titah Listiorini mengemukakan, pada 2018 lalu total kunjungan wisatawan ke Grand Maerokoco yang menjadi andalan PRPP Jateng mencapai 452.000 orang. Ia mengaku optimis pada 2019 bisa meningkat menjadi 500.000 wisatawan.

Titah melanjutkan pihaknya membidik pendapatan Rp 12 miliar sepanjang 2019 ini. Target pendapatan tersebut naik Rp 1 miliar jika dibandingkan dengan target pada 2018 lalu yang hanya Rp 11 miliar. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here