Tingkatkan Literasi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Buat Taman Baca

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang membuat program taman baca untuk masyarakat Sukorame, Cepoko, Gunung Pati, Semarang.

SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang membuat program taman baca untuk masyarakat Sukorame, Cepoko, Gunung Pati, Semarang. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan daya baca dan belajar bagi anak-anak sekitar.

Selain itu, program kerja tersebut diadakan karena melihat banyaknya anak yang suka bermain saja. Namun, pas ditanya mengenai pelajaran masih sedikit kebingungan. Hal tersebut, seperti yang dikatakan oleh Muhammad Sahrul Irsyad, Koordinator kelompok 37.

“Kasihan sendiri, apalagi dengan adanya kondisi sekolah masih online. Akses belajar sangat minim bagi mereka,” katanya pada Sabtu (02/02/2020).

Sementara itu, Irsyad menuturkan, dengan memanfaatkan Balai RW setempat untuk penempatan buku dan membaca bagi mereka. Meski sudah bekerjasama dengan perangkat desa, ia tetap terus membuka donasi penyumbang buku.

“Tidak hanya taman baca, juga membuka donasi buku bagi teman-teman,” imbuhnya.

Selanjutnya, Fauzi, selaku Ketua RT 04 Kelurahan Cepoko mengaku senang dengan adanya program tersebut. Pasalnya, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang telah menghidupkan kembali taman baca yang sempat berhenti operasi.

“Alhamdulillah ada mahasiswa KKN yang menghidupkan kembali taman bacanya,” ungkapnya.

Fauzi juga berharap program ini selanjutnya bisa bermanfaat bagi warga sekitar terutama anak-anak. Bukan hanya itu, ia juga meminta pendampingan dari mahasiswanya supaya taman baca bisa berjalan dengan baik.

“Kedepannya juga ada pendampingan secara langsung, sehingga bisa lebih baik,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here