UmumPendidikanUIN Walisongo Sumbang Hewan Kurban ke Papua Hingga NTT

UIN Walisongo Sumbang Hewan Kurban ke Papua Hingga NTT

-

- Advertisment -spot_img

UIN Walisongo menyumbang hewan kurban yang dikirim hingga ke Boven Digul, Papua.

SEMARANG – Rasa berbagi pada momentum hari raya Idul Adha tahun 1441 H begitu terasa di UIN Walisongo, Semarang. Masa-masa hari berkurban tahun 2020 ini, UIN Walisongo menyumbang hewan kurban yang dikirim hingga ke Boven Digul, Papua.

Secara khusus, ada 8 hewan kurban yang diberikan untuk 4 lembaga di empat daerah di penjuru nusantara. Empat lembaga masing-masing mendapat 2 ekor kambing.

Empat lembaga tersebut adalah Ikatan Pemuda Muslim Indonesia Timur, Ende, Flores Nusa Tenggara Timur; Masjid Nurul Huda Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Pengurus Kesejahteraan Masjid Darul Hidayah Tanah Merah, Boven Digul, Papua; dan masyarakat terdampak bencana alam di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

“8 ekor kambing itu tidak disembelih di sini (Semarang), tapi disembelih di lokasi masing-masing. 4 lembaga itu masing-masing mendapat 2 ekor kambing,” ucap Ketua Badan Amalan Islam (BAI) UIN Semarang, Dr. H. Muhyar Fanani, M.Ag, di Semarang, Sabtu (1/8/2020).

Dijelaskan Muhyar, pengiriman hewan kurban dilakukan melalui transfer uang ke pihak panitia. Uang kemudian dibelikan kambing. Masing-masing lembaga tersebut, sambung dia, telah membelikan 2 ekor kambing dari uang yang dikirim.
Selain itu, 2 ekor kambing juga semuanya telah disembelih dan didistribusikan ke warga sekitar penerima, baik di Papua, Sulawesi, NTB dan NTT.

“Semuanya sudah disembelih pada hari Jumat kemarin. Insyallah tahun depan, kami akan lakukan kegiatan serupa dengan jumlah yang lebih banyak,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, NTB, H. M. Idris menyampaikan terimakasih kepada Rektor UIN Walisongo yang telah memberikan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini.

“Panitia sudah melaksanakan kurban dari UIN Walisongo dan membagikan kepada warga” ungkapnya.

Bupati Lombok Timur Drs. H. M. Sukiman Azmy, M.M yang juga alumni Fakultas Dakwah IAIN Walisongo mengapresiasi pemberian hewan kurban dari almamaternya. Rasa terima kasih juga disampaikan pihak Takmir Masjid Darul Hidayah Boven Digoel Papua.

Ketua takmir masjid, Darmaji, menilai UIN Walisongo sebagai kampus yang peduli terhadap masyarakat di Indonesia Timur.

Penyembelihan hewan kurban di UIN Walisongo baru akan dilaksanakan pada Senin (3/8/2020) esok. Berdasarkan data sementara, ada 7 ekor sapi dan 10 kambing dari 51 nama pribadi dan lembaga yang memberikan donasi. Jumlah ini berpotensi bertambah hingga pelaksanaan penyembelihan.

Penyembelihan hewan kurban akan dipusatkan di kampus 1. Untuk menghindari kerumunan di masa pandemi, telah disiapkan beberapa skenario dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid 19. Setelah hewan disembelih pada Senin (3/8/2020), akan dibagi-bagi sesuai daftar penerima. Panitia juga akan menyiapkan makanan bagi yang ingin menyantap daging kurban.

Penyiapan makanan akan disediakan di auditorium kampus 1. Agar tidak terjadi kerumunan, makanan daging kurban juga akan dikirim ke tiap-tiap fakultas.

Dalam pengemasan daging kurban, UIN Walisongo berkomitmen untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Meski tidak memakai plastik tak lantas membuat pengemasan menjadi tidak efisien. Panitia telah menyiapkan tempat atau wadah daging kurban.

Tempat yang disiapkan yaitu besek, atau wadah dari anyaman bambu yang diproduksi secara tradisional. Besek kerap dipakai dalam kegiatan hajatan di masyarakat pedesaan.

Ada 1.000 besek yang dipersiapkan sebagai pengganti plastik sebagai pengganti plastik. Agar pengemasan lebih rapi, daging kurban yang dimasukkan di dalam besek akan dilapisi dengan daun pisang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo

SOLO– PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertama di...

Bea Cukai Semarang Amankan Rokok Ilegal

SEMARANG – Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan jutaan batang rokok ilegal yang dibaurkan dengan rongsok botol plastik bekas di...

CCEP Salurkan Donasi Untuk Pemulihan Masyarakat Terdampak Bencana Di NTT

SEMARANG – Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia kembali memberikan donasi kepada masyarakat terdampak bencana di provinsi NTT melalui Badan...

Hotel Santika Pekalongan Tawarkan Menu Makan Sehat Tanpa Pengawet

PEKALONGAN - Makanan yang sehat tanpa  zat penyedap maupun pengawet mulai dilirik oleh sebagian masyarakat kita. Pola makan yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

LG PuriCare 360° Air Purifier Tawarkan Pembersihan Udara

*Inovasi Jangkauan Lebih Luas Melingkupi Ruang JAKARTA - PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan dimulainya pemasaran air purifier (pemurni udara)...

Ganjar Kunjungi Pabrik Samator, Pastikan Stok Aman

KENDAL  – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo begitu serius untuk mengamankan pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan di Jawa...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda