Ekonomi BisnisUMKM Kekuatan Kebangkitan Ekonomi Saat Ini

UMKM Kekuatan Kebangkitan Ekonomi Saat Ini

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen untuk kembali membangkitkan ekonomi setelah sekian waktu melemah akibat pandemi Covid-19. Kekuatan kebangkitan ekonomi salah satunya dengan menghidupkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama yang ada di Jawa Tengah.

“Tantangan saat ini adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa, ya UMKM,” ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerjasama Bank Jateng dengan PT BKK Jateng untuk pengembangan UMKM di Jawa Tengah, Kamis (2/7/2020).

Ia menyebutkan, potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Hal itu dilihat dari beberapa UMKM di daerah-daerah yang tetap survive di masa pandemi.

“Oh, potensi UMKM di Jawa Tengah sangat tinggi. Kita sudah buat pemanasan, kemarin saat pandemi kita minta bikin masker, mereka bisa. Suruh praktik bikin hazmat mereka bisa,” ungkap gubernur.

Untuk itu, Ganjar mengapresiasi langkah Bank Jateng yang bekerja sama dengan PT BKK Jateng, dalam mendukung perkembangan UMKM di Jawa Tengah.

“Sekarang kita coba Bank Jateng dan PT BKK Jateng untuk membantu permodalan dan pendampingan. Selain itu juga sudah disiapkan marketplace Bimart atau Bima Market. Kita harapkan UMKM tetap survive, kualitasnya harus tidak biasa-biasa saja dan masuk kelas menengah, syukur-syukur atas,” imbuhnya.

Ganjar membeberkan kunci keberhasilan pendampingan UMKM saat ini adalah marketing, teknologi informasi, budgeting, dan akses produk.

“Bukan permodalan yang pertama dibutuhkan. Ternyata yang dibutuhkan masyarakat itu marketing, penggunaan teknologi, budgeting, dan akses produk. Kita latih mereka, karena inilah kekuatan ekonomi di masa pandemi,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan semua pihak terkait untuk bekerja keras untuk membangkitkan ekonomi.

“Bukan hanya kesehatan yang diurus, tapi juga kebangkitan ekonomi. Untuk itu, saya titip pesan kerahkan semua tenaga, waktu dan pikiran untuk membangkitkan ekonomi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda