UmumSerba-serbiWagub Resmikan Karedok sebagai Desa Wisata

Wagub Resmikan Karedok sebagai Desa Wisata

-

- Advertisment -spot_img

KAB. SUMEDANG- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Desa Karedok yang terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, sebagai Desa Wisata.

Desa Karedok menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya adalah upacara-upacara adat yang bisa memikat wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, mulai dari Ngabeungket, Tutup Buku Guar Bumi, sampai Mapag Sri. 

Selain itu, Desa Karedok memiliki cerita rakyat yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung, yakni menyajikan kuliner karedok, mulai dari karedok leunca, karedok terong, sampai karedok kacang panjang. 

Wajub mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan terus berusaha meningkatkan ekonomi secara merata. Setiap daerah harus ada progres, antara lain dengan desa wisata.

“Desa Karedok memiliki homestay yang nyaman buat wisatawan sehingga wisatawan akan betah tinggal di Desa Karedok  terutama wisatawan keluarga,” ucap Wagub,  isai meresmikan Desa Karedok sebagai Desa Wisata, Kamis (08/04/2021).

Wagub menuturkan, desa-desa di Jawa Barat memiliki potensi wisata yang besar dengan pemandangan indah dan kekayaan budaya menjadi salah satu daya tarik desa-desa di Jawa Barat.

“Pemda Provinsi Jabar menargetkan setiap kabupaten/kota di Jabar memiliki 10 desa wisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa, menyebut pembentukan desa wisata merupakan implementasi pembangunan yang dilakukan lewat pendekatan “bottom-up“.

“Kami meminta Pemda Provinsi Jabar untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek 3A, yakni aksesibilitas, amenitas, dan atraksi di Desa Wisata Karedok. Di Desa Karedok ada kerajinan tangan dari bambu, batok kelapa, belum lagi kuliner, hingga atraksi kesenian adat yang dapat ditampilkan,” ucap Hari. 

Kepala Desa Karedok Intab Wikarya Putra berharap dengan peresmian tersebut, kesejahteraan dan perekonomian di desanya akan meningkat. 

“Dengan adanya pembangunan desa wisata, ini adalah pemanfaatan potensi yang ada. Dengan semangat tinggi kerja keras, kuat, dan kerja ikhlas, tetap bersemangat warga Desa Karedok swadaya untuk membentuk desa wisata dan desa mandiri,” imbuhnya. (zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

3 Juta Investor Saham Terlampaui pada Penyelenggaraan CMSE 2021

JAKARTA – Pada pembukaan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021, Kamis (14/10), jumlah investor saham di Indonesia sudah...

Artugo Luncurkan Peranti Dapur dengan Spesifikasi Istimewa

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai peranti perlengkapan dapur yang handal tidak hanya dari sisi fungsi,...

Peduli Covid-19, Telkomsel Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis dan Tenaga Pemulasaran Jenazah

SEMARANG - Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang masih melanda salah satunya di Indonesia. Peran mereka...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal

JAKARTA – Literasi serta edukasi pasar modal terus digencarkan oleh Self-Regulatory Organization (SRO) sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor...

Pertamax Bikin Mobil Antik Makin ‘Ngacir’

SEMARANG- Kegiatan 'touring' menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh komunitas mobil. Untuk itu, pemilihan bahan bakar yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda