PeristiwaWali Kota Hendi Semprot PDAM, Perintahkan Cari Suplai Air...

Wali Kota Hendi Semprot PDAM, Perintahkan Cari Suplai Air Alternatif

-

- Advertisment -spot_img

Walikota Semarang Marah saat melihat lambatnya pekerjaan PDAM Kota Semarang

SEMARANG – “La kok baru nanti ? ini uda 2 minggu bos ! Kok baru nanti !”, hardik Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat melihat leletnya pekerjaan yang dilakukan oleh petugas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

Kemarahan orang nomer satu di Kota Semarang itu terjadi saat melakukan inspeksi mendadak di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudu, Genuk, milik PDAM Kota Semarang, Senin (7/5).

Dirinya geram saat jajaran PDAM Tirta Moedal Kota Semarang tidak dapat menjawab pertanyaannya tentang berapa jumlah komplain yang masuk selama dua minggu terakhir. Emosinya semakin naik kala jajaran PDAM tersebut justru mengaku baru akan merekap laporan-laporan pada hari itu.

“Yang namanya laporan masyarakat itu harus diperhatikan sama pak Dirut (Direktur Utama) dan pak Dirtek (Direktur Tekhnik), dicek benar atau nggak laporan-laporan itu”, tegas Wali Kota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut. “Harus didatangi itu warga yang lapor, jangan cuma sekedar jawab akan ditindaklanjuti. Masyarakat nggak butuh itu !”, lanjutnya dengan nada yang tetap meninggi.

“Ini aliran air sekarang digilir atau mati ?”, tanya Hendi pada salah satu operator mesin distribusi air di IPA Kudu. “Panjenengan (kamu) tidak menjawab pertanyaan saya, ini digilir atau mati ?”, tanyanya berulang.

“Digilir pak, tapi debit air tidak cukup”, jawab operator mesin tersebut. “Berarti mati ?”, tanya Hendi yang kemudian tidak mampu dijawab kembali.

Dalam sidaknya ke salah satu instalasi pengolahan air PDAM tersebut, Hendi juga meminta PDAM bergerak cepat untuk mencari pasokan air dari daerah sekitar bila debit air tidak mencukupi.

“Saya minta mulai hari ini upayakan air dari Dombo, Sayung, di Kabupaten Demak untuk bisa masuk ke instalasi Kudu ini”, perintahnya.

“Kalau untuk mengaliri air di wilayah Timur kita butuh pasokan 900 sampai 1.200 liter air per detik, dan sekarang kondisinya hanya ada sekitar 600 liter per detik, usahakan 300 liter air per detik bisa masuk dari Dombo”, tegasnya.

 

Hendi pun mengharapkan agar jajaran PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dapat lebih responsif untuk menangani permasalahan yang sedang terjadi. “Kita tahu saat ini debit air berkurang karena instalasi Kedung Ombo menuju Kudu sedang diperbaiki pemerintah pusat untuk meningkatkan suplai air menjadi 1.800 liter per detik, dan seharusnya kita sudah mengantisipasi ini dari awal”, tutur Hendi.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, M.Farchan mengatakan, selain mengupayakan pasokan air dari Kedung ombo, PDAM juga sedang melakukan pengerukan sedimen yang dapat menghambat pasokan air ke Kudu.

“Jadi sesuai arahan pak Wali tadi, akan ada dua upaya kami. Yang pertama memompa aliran air dari Dombo dengan kapasitas pompa 300 liter per detik, serta melakukan pengerukan sedimen di saluran air baku Kudu untuk mempercepat air sampai ke intake”, jelas Farchan.(ZP/01).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda