Warga Pendrikan Kidul Maknai Kemerdekaan dengan Semangat Bersedekah

Gerakan Lumbung Sedekah Pangan ini mengajak semua kalangan masyarakat, untuk saling memberi, dan saling membagi.

SEMARANG – Ada yang berbeda dengan perayaan kemerdekan RI di Kelurahan Pendrikan Kidul, Kota Semarang kemarin (17/8). Puluhan warga mengenakan masker berjajar rapih di depan Rumah Singgah Aksi Cepat Tanggap (ACT), yang berada di Gang Sadewa 3 No. 14 Kota Semarang.

Aneka bahan pangan disajikan di etalase sedekah yang mana setiap orang bisa mengambil dan siapapun boleh memberi sedekah pangan kata Hamas Rausyanfikr selaku Ketua Program ACT Jateng.

“Gerakan Lumbung Sedekah Pangan ini mengajak semua kalangan masyarakat, untuk saling memberi, dan saling membagi. Mereka yang ingin memberi, akan dipertemukan dengan mereka yang membutuhkan di tempat ini,” tambah Hamas.

Program ini dimulai dari lingkup paling kecil di masyarakat yang diharapkan berjalan berkesinambungan demi memudahkan masyarakat yang kesusahan bahan pangan ditengah ekonomi yang terus menghimpit.

“Alhamdulillah seluruh warga yang memberi sedekah dan mereka yang menerima sedekah dapat kita kumpulkan dalam satu acara memperingati HUT RI ke-75 ini. Gerakan Sedekah Pangan yang diinisiasi ACT bersama relawan sudah berjalan hampir satu bulan dengan jadwal seminggu dua kali di Pendrikan Kidul,” kata Hamas.

Sementara itu, Ketua RT 07 Sinta Astuti menyambut baik adanya gerakan sadar bersedekah di masyarakatnya.

“Program ini menjunjung tinggi semangat bergotong royong di tengah masyarakat. Warga saling membantu dimana yang berlebih memberikan bantuan kepada yang kekurangan,” ungkap Sinta.

Adapun sedekah pangan yang diberikan berupa susu, sayur, beras, garam, kecap, buah-buahan dan sebagainya kata Sinta.

“Bagi warga yang bersedekah tunai tetap kita terima, nantinya tim relawan dari ACT akan membantu membelanjakan berupa kebutuhan pangan,” pungkas Sinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here