Warung Jangkung Masjid Kauman Sediakan Petis Bumbon yang Hanya Ada di Ramadhan

Warung Jangkung milik
Warung Jangkung milik Yoga tersebut siap memanjakan anda dengan sajian berbagai menu yang khas di bulan Ramadhan.

SEMARANG – Mengunjungi kawasan Masjid Kauman, Semarang di bulan ramadhan, belum lengkap rasanya apabila belum menikmati hidangan khas yang ada di sekitar masjid tersebut.

Salah satu yang patut dicoba yakni keberadaan warung Jangkung. Berada dekat dengan pintu gerbang masjid, dengan berjalan sedikit ke arah utara, sejumlah sajian kuliner unggulan oleh warung Jangkung siap menjadi pilihan.

“Di sini ada petis bumbon telor bebek yang hanya ada di bulan ramadhan. Kami sajikan khusus. Terus juga untuk minuman, ada cincau hijau khas warung Jangkung,” kata Yoga Aditya Ika Mahardika, penjual di warung Jangkung itu, Rabu (22/05)

Dikatakan, pemilihan telor bebek tersebut, karena secara ukuran dinilai lebih besar dan tidak mudah hancur. Berbeda bila menggunakan telur ayam yang lebih kecil serta lunak.

Sementara untuk cincau hijau, yang membedakan dari cincau di warung lain adalah dari segi bahan pembuatan.

“Kalau biasanya kan ada cincau yang dicampur dengan bahan assens mirip jeli itu. Kalau di sini tidak, di sini kami menggunakan daun cincau asli, tanpa campuran. Jadi terasa lebih segar,” ujarnya.

Adapun nama warung Jangkung, dipilihnya agar terlihat unik dan menarik minat pembeli. Diharapkan juga menjadi doa agar rejekinya ikut jangkung alias tinggi.

Yoga dan Ibunya merintis usaha warung jangkung sejak tahun 2008 dan berpindah-pindah tempat, menyesuaikan bila ada jadwal bazar.

Selain menyajikan petis bumbon dan cincau hijau, warung Jangkung juga menyediakan nasi koyor, nasi bunthil, opor, gudeg, dan jajanan ringan semacam arem-arem serta gorengan. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here