Wisata Watu Payung Raih Juara 2 Wana Lestari 2019

JAKARTA – Wisata Watu Payung meraih Juara 2 Nasional Wana Lestari 2019 yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Watu Payung adalah salah satu destinasi wisata Desa Berdaya Girisuko yang terdapat di Kec. Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pada tahun 2017, Rumah Zakat bersama Kelompok Tani Hutan dan Komunitas Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mengembangkan Watu Payung menjadi destinasi wisata untuk umum. Selain itu, Rumah Zakat juga membangun mushala dan memberikan modal usaha bagi kelompok tani di daerah Watu Payung.

“Alhamdulillah upaya kami untuk mengembangkan wisata alam Geoforest Watu Payung mendapatkan apresiasi dan bisa meraih juara 2 lomba nasional. Pencapaian tersebut kami jadikan tantangan untuk bisa terus memajukan sektor pariwisata di daerah Desa Berdaya Girisuko,” kata Iwan Saputra, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Selasa (27/8/19).

Menurut Iwan, wisata Watu Payung terpilih menjadi juara karena memenuhi tiga aspek penilaian Wana Lestari. Tiga aspek tersebut yaitu mengenai pengelolaan kawasan hutan, kawasan kelembagaan, dan usaha yang dilakukan oleh kelompok dan komunitas.

Dengan pencapaian tersebut, Iwan berharap kondisi perekonomian di Desa Berdaya Girisuko kian meningkat dengan adanya wisata Watu Payung. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bambang Hendroyono selaku sekjen KLHK yang bertempat di Gedung Manggala Wana Bhakti. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here