XL Axiata Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

Penyandang Disabilitas asal Jawa Tengah, Hidayat (kiri) dan Udin Hidayat (kanan) menerima bantuan sembako. Hingga saat ini mayoritas penyandang Tuna Netra merasakan dampak dari pandemi Covid-19 yang turut melanda Indonesia.

SEMARANG – Pandemi Covid-19 telah berdampak luas pada kehidupan masyarakat. Salah satu komunitas masyarakat yang sangat merasakan dampaknya adalah para penyandang disabilitas. Melihat situasi ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan kepada penyandang tuna netra di Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Bantuan ini diserahkan secara bertahap mulai 3 Mei 2020 melalui ITMI Jawa Tengah.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, pandemi saat ini berimbas terhadap sebagian besar masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali saudara kita para penyandang tuna netra.

“Penerapan physical distancing dan stay at home berdampak terhadap berkurang hingga hilangnya mata pencaharian mereka yang sebagian besar bekerja sebagai tukang pijat, pengamen hingga penjual makanan keliling. Semoga donasi ini bisa bermanfaat bagi mereka,” ujarnya, Rabu (13/5/20).

Pendistribusian bantuan dari XL Axiata disesuaikan dengan kebutuhan utama mereka di tengah pandemi berupa bahan makanan. Dalam penyalurannya, XL Axiata bekerjasama dengan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Provinsi Jawa Tengah untuk memastikan proses distribusinya sampai ke saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan. Total ada sekitar 50 orang penyandang disabilitas di ketiga daerah yang mendapatkan bantuan ini.

Sementara itu dari tempat terpisah, Perwakilan DPW ITMI Provinsi Jawa Tengah, Hidayat mengatakan, Selain permintaan layanan jasa yang menurun secara drastis, pihaknya juga mengikuti anjuran pemerintah untuk membatasi interaksi di luar demi mencegah penularan wabah Covid-19.

“Bantuan dari XL Axiata ini tidak hanya membantu kami secara pribadi, tapi juga turut membantu kebutuhan anggota keluarga kami yang turut merasakan dampak kehilangan pekerjaan,” ucapnya.

XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2GB/hari secara gratis.

Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Indonesia. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here