XL Tantang 10 Influencer Buktikan Kualitas Jaringan Hasil Fiberisasi di Jateng

Activasion and Events PT XL Axiata, Yuda Pranata (tengah) berfoto bersama dengan para peserta "Digi Race Competition 2019” di Semarang, Sabtu (9/11/19).
Activasion and Events PT XL Axiata, Yuda Pranata (tengah) berfoto bersama dengan para peserta “Digi Race Competition 2019” di Semarang, Sabtu (9/11/19).

SEMARANG – PT XL Axiata Tbk menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019” di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Terdapat 10 peserta yang merupakan pegiat media sosial dilibatkan dalam kompetisi tahunan ini. Mereka ditantang melakukan aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi.

Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games.

Adapun ke-10 penggiat media sosial yang mengikuti kegiatan ini yakni Maulana Ony Kusuma, Farah Putri, Mahendra Wijaya, Cindy Maharani, Rega, Nur Rohmah, Igi, Ety Sarah, Maria Ananing, dan Abi Hugo.

Selama di Semarang, mereka mengunjungi  Soto Pak No, Pasar Johar Baru, Nasi Goreng Tonjoyo, Toko Oen, Warung Makan Belut Hj Nasimah, dan ditutup di Vale Pizza E Resto.

Activasion and Events PT XL Axiata, Yuda Pranata mengatakan, melalui kegiatan tersebut, XL Axiata berusaha menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa upaya terus menerus akan dilakukan guna memenuhi ekspektasi pelanggan atas kualitas layanan data yang mampu mendukung aktivitas produktif mereka.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jawa Tengah, termasuk Semarang sebagai kota terbesar sekaligus ibukota provinsi,” ujar Yuda di Semarang, Sabtu (9/11/19).

Dia menjelaskan, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Program fiberisasi jaringan, lanjutnya menjadi salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

“Di wilayah Jawa Tengah, fiberisasi jaringan telah terlaksana hampir semua area, baik kota-kota besar seperti Semarang, Surakarta, Tegal, Pekalongan, dan Purwokerto, hingga kota sedang seperti Kudus, Jepara, Magelang, Salatiga, Purworejo, Kebumen, dan Cilacap. Bahkan fiberisasi juga sudah terlaksana di kota-kota kecil seperti Rembang, Blora, Purbalingga, Wonosobo, Karanganyar, dan Wonogiri,” jelasnya.

Disebutnya, hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Target XL Axiata secara nasional, hingga akhir tahun 2019 nanti 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020.

“Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau lebih dari 30% BTS dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir,” katanya.

Sementara itu, kegiatan Digi Race Competition ini sebelumnya telah sukses digelar di 5 kota besar yakni, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Medan pada Maret 2019 dengan diikuti oleh 50 peserta di masing-masing kota dan berhasil mencapai 3.5 juta orang lewat berbagai media sosial dan kanal digital.

“Diharapkan dengan dilanjutkannya kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak masukan sebagai acuan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka menjaga kualitas layanan XL Axiata di masa mendatang,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here