20.000 Liter Air Bersih untuk Warga Desa Karang Salam Banjarnegara

BANJARNEGARA- Rumah Zakat bekerjasama dengan Kitabisa.com mendistribusikan 20.000 liter air bersih di Desa Karang Salam, Kec. Susukan, Kab. Banjarnegara. Debit sungai menjadi menurun dikarenakan langkanya pepohonan yang ditanam dan sudah berubah menjadi kawasan industri.

“Penyebab utama penurunan debit air di sungai maupun di sumur-sumur penduduk disebabkan oleh berkurangnya daya serap tanah pada air. Kebun yang mulanya lebat dengan tanaman, sekarang sudah banyak yang berubah menjadi perumahan maupun tempat industri,” ujar salah satu warga.

Agus perwakilan dari BPBD Banjarnegara mengatakan, Program Berbagi Air untuk Kehidupan dari Rumah Zakat sangat membantu warga. Ia berharap, program tersebut terus berjalan sehingga banyak daerah kekeringan lainnya yang bisa terbantu.

Pendistribusian bantuan air di Desa Karang Salam dilakukan dengan menggunakan armada tangki dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Banjarnegara. Penyerahan bantuan air bersih pun disambut baik oleh Kepala Dusun 2, Sugadi dan beberapa perangkat desa Karang Salam pada Selasa (4/9).

“Antusias warga yang menunggu kiriman air memang luar biasa, karena ketika musim kemarau daerah ini benar-benar hanya bisa mengandalkan dari bantuan” ujar Fasilitator Rumah Zakat, Sarwin. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here