7 Cara Efektif Berhemat Agar Tidak Kehabisan Uang di Tanggal Tua

0
ilustrasi. Belanja di tanggal tua

Tanggal tua kerap menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, khususnya Anda yang sering kehabisan uang sebelum gajian. Sebenarnya, masalah finansial pada tanggal tua tidak akan terjadi jika Anda mampu mengelola kondisi finansial dengan baik. Ingatlah bahwa gaji senantiasa cukup untuk kebutuhan hidup, tetapi tidak pernah cukup untuk gaya hidup.

Jangan menggerutu dulu jika Anda termasuk orang yang sering kewalahan menghadapi tanggal tua. Sebaiknya Anda mengikuti beberapa cara berikut ini supaya kondisi finansial tetap aman hingga menerima gaji bulan berikutnya:

Memanfaatkan Promo E-Commerce Semaksimal Mungkin

Belanja bukanlah hal terlarang bila Anda bisa melakukannya secara cermat. Jangan menganggap bahwa godaan belanja online adalah biang keladi utama penyebab pemborosan. Justru Anda patut belanja online pada momen yang tepat untuk mendapatkan diskon besar. Salah satu momen belanja online yang sebaiknya tidak Anda lewatkan adalah promo tanggal tua Blibli.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di tanah air, Blibli senantiasa konsisten menyiapkan berbagai produk unggulan bagi Anda. Promo tanggal tua Blibli memungkinkan Anda belanja barang elektronik dengan harga terjangkau dan fasilitas cicilan 0%. Jangan lewatkan promo yang berlangsung tanggal 16 hingga 20 setiap bulan tersebut kalau Anda sedang membutuhkan perlengkapan elektronik baru. Sisihkan uang sejak gajian supaya bisa memanfaatkan promo tanggal tua Blibli secara maksimal.

Memprioritaskan Kebutuhan Rutin Terlebih Dahulu

Menerima gaji bulanan memang sering membuat seseorang jadi kalap saat menggunakannya. Untuk mengantisipasi risiko kehabisan uang di tanggal tua, maka sebaiknya Anda memprioritaskan kebutuhan rutin terlebih dahulu. Beberapa hal penting yang patut diutamakan ketika mengalokasikan gaji bulanan adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan pribadi atau rumah tangga (bahan-bahan pokok rumah tangga, biaya transportasi bulanan, dan lainnya).
  • Berbagai tagihan (air, listrik, TV kabel, biaya sekolah anak, biaya kebersihan lingkungan rumah dan lainnya).
  • Cicilan utang (jika ada).
  • Dana darurat.
  • Tabungan dan investasi.

Kalau semua prioritas tersebut sudah terpenuhi, barulah Anda bisa menggunakan sisa uang yang tersedia untuk memenuhi kesenangan pribadi dan gaya hidup. Prinsip pengelolaan uang yang tepat akan menjauhkan Anda dari risiko kehabisan yang di tanggal tua.

Mengandalkan Cashback E-wallet

Selain memanfaatkan promo saat belanja online, cara lainnya yang wajib Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran yaitu mengandalkan cashback e-wallet. Saat ini, berbagai platform e-wallet di tanah air rutin mengadakan promo cashback bagi para penggunanya. Anda berkesempatan memperoleh cashback saat menggunakan e-wallet untuk berbelanja, membayar tagihan, naik taksi atau ojek online, serta berbagai transaksi lainnya.

Nilai cashback yang Anda dapatkan bisa dimanfaatkan kembali untuk transaksi berikutnya. Namun, jangan sampai kebiasaan bertransaksi dengan e-wallet malah membuat Anda jadi kalap dan makin boros. Anda patut memprioritaskan transaksi penting dan meminimalkan penggunaan e-wallet untuk hal-hal bersifat konsumtif, misalnya jajan makanan via aplikasi.

Menjalani Kebiasaan Makan Hemat Sejak Awal Bulan

Mayoritas orang tergoda menggunakan banyak uang untuk menikmati makanan enak pada awal bulan. Alhasil, kebiasaan tersebut membuat tabungan kian menipis hingga akhirnya habis menjelang tanggal tua. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda membiasakan diri menjalani kebiasaan makan hemat sejak awal bulan. Jangan ragu menyantap makanan yang harganya ekonomis demi menghemat pengeluaran. Selain itu, Anda juga bisa memasak sendiri atau membawa bekal dari rumah ketika beerja agar penghematan semakin maksimal.

Menyisihkan Uang Jajan Setiap Hari

Apakah Anda termasuk orang yang boros karena mengeluarkan banyak uang untuk jajan setiap hari?

Jika iya, maka sebaiknya Anda memulai kebiasaan menyisihkan uang jajan setiap hari. Andaikan Anda menyiapkan pengeluaran Rp 50.000 per hari untuk jajan, berusahalah menggunakan setengahnya lalu mengalokasikan sisa uang jajan tersebut untuk ditabung. Carilah alternatif jajanan yang harganya lebih ekonomis dibandingkan jajanan yang biasanya Anda nikmati. Nanti, Anda tak akan kehabisan uang di tanggal tua sebab masih punya sisa tabungan yang dapat digunakan hingga hari gajian tiba.

Mengurangi Aktivitas di Luar Rumah

Beraktivitas di luar rumah dapat menjadi salah satu penyebab gaya hidup boros yang jarang disadari. Sebab biasanya Anda tergoda untuk jajan atau membeli sesuatu ketika berkegiatan di luar rumah. Oleh sebab itu, gaya hidup boros bisa diatasi dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Gunakan waktu senggang Anda untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat di rumah, misalnya berolahraga, membereskan ruangan, memasak makanan favorit, atau menekuni hobi lainnya.

Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit atau Paylater

Hingga saat ini masih banyak masyarakat awam yang enggan menggunakan kartu kredit atau sistem Paylater karena khawatir terlilit utang. Padahal, kartu kredit maupun paylater bisa memberikan keuntungan tersendiri jika digunakan secara tepat. Banyak promo potongan harga, cashback, maupun poin yang bisa Anda dapatkan bila belanja dengan kartu kredit dan paylater. Sebaiknya Anda langsung melunasi tagihan kartu kredit dan paylater secara tepat waktu agar terhindar dari risiko lilitan utang, denda, atau bunga yang jumlahnya berlipat ganda.

Tak ada kata terlambat untuk mempelajari cara mengelola finansial yang tepat supaya kondisi keuangan Anda senantiasa stabil. Kehabisan uang di tanggal tua tak akan terjadi lagi bila Anda sudah tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. (***)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan