Ekonomi BisnisElektronik96% Rumah Tangga di Jawa Tengah sudah Berlistrik

96% Rumah Tangga di Jawa Tengah sudah Berlistrik

-

- Advertisment -spot_img

 

LISTRIK : Assisten Manager Komunikasi, Hukum dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIY, Hardian Sakti memberikan penjelasan tentang jumlah keseluruhan pelanggan rumah tangga di wilayah PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

SEMARANG– PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tahun 2017 telah berhasil meningkatkan rumah tangga berlistrik di Provinsi Jawa Tengah menjadi 96,22%, atau meningkat 2,71% dibandingkan tahun 2016. Rasio Elektrifikasi ini meningkat karena PLN tahun 2017 melakukan agresif pemasaran door-to-door ke masyarakat khususnya yang belum berlistrik.

Assisten Manager Komunikasi, Hukum dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIY, Hardian Sakti mengatakan, jumlah keseluruhan pelanggan rumah tangga di wilayah PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saat ini sebanyak 9.948.614 pelanggan, dari jumlah total Rumah tangga sesuai data BPS propinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebanyak 10.398.728.

“Disamping itu, PLN berhasil menekan angka susut jaringan menjadi hanya 5,96%,” katanya, kepada www.zonapasar.com, Rabu (24/1) siang.

Upaya yang dilakukan untuk menekan angka susut tersebut, antara lain aspek teknis yaitu: penambahan jalur/penyulang baru, perbaikan dan penyeimbangan beban jaringan listrik, penambahan trafo, serta dalam aspek Non-Teknik diantaranya penertiban aliran listrik (P2TL).

Sebagai tambahan informasi, Sakti menuturkan,,pada tahun 2017, ada penambahan pelanggan baru listrik yaitu 466.822 pelanggan, atau naik sebesar 4,54% dibanding tahun 2016, dengan total jumlah pelanggan sebesar 10.741.660 pelanggan.

Sementara, gangguan Listrik selama tahun 2017 juga mengalami penurunan sebesar 2,75 kali/100 kms. Rata-rata angka gangguan penyulang (listrik padam) 2017 sebanyak 6,55 kali/100 kms, turun bila dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar 9,3 kali/100 kms.

“Penjualan listrik selama tahun 2017 sebesar 25.126 GWH, atau tubuh 3,1% dibanding tahun 2016. PLN terus berusaha menyambung sebanyak banyaknya, sesuai SOP guna meningkatkan penjualan tenaga listrik,” tegasnya.

Untuk tahun 2018 ini, PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta terus meningkatkan pelayanan dengan target penambahan pelanggan baru sebanyak 409.520 pelanggan dan target pertumbuhan penjualan tenaga listrik sebesar 7,5%.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda