Ekonomi BisnisElektronik96% Rumah Tangga di Jawa Tengah sudah Berlistrik

96% Rumah Tangga di Jawa Tengah sudah Berlistrik

-

- Advertisment -spot_img

 

LISTRIK : Assisten Manager Komunikasi, Hukum dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIY, Hardian Sakti memberikan penjelasan tentang jumlah keseluruhan pelanggan rumah tangga di wilayah PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

SEMARANG– PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tahun 2017 telah berhasil meningkatkan rumah tangga berlistrik di Provinsi Jawa Tengah menjadi 96,22%, atau meningkat 2,71% dibandingkan tahun 2016. Rasio Elektrifikasi ini meningkat karena PLN tahun 2017 melakukan agresif pemasaran door-to-door ke masyarakat khususnya yang belum berlistrik.

Assisten Manager Komunikasi, Hukum dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIY, Hardian Sakti mengatakan, jumlah keseluruhan pelanggan rumah tangga di wilayah PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saat ini sebanyak 9.948.614 pelanggan, dari jumlah total Rumah tangga sesuai data BPS propinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebanyak 10.398.728.

“Disamping itu, PLN berhasil menekan angka susut jaringan menjadi hanya 5,96%,” katanya, kepada www.zonapasar.com, Rabu (24/1) siang.

Upaya yang dilakukan untuk menekan angka susut tersebut, antara lain aspek teknis yaitu: penambahan jalur/penyulang baru, perbaikan dan penyeimbangan beban jaringan listrik, penambahan trafo, serta dalam aspek Non-Teknik diantaranya penertiban aliran listrik (P2TL).

Sebagai tambahan informasi, Sakti menuturkan,,pada tahun 2017, ada penambahan pelanggan baru listrik yaitu 466.822 pelanggan, atau naik sebesar 4,54% dibanding tahun 2016, dengan total jumlah pelanggan sebesar 10.741.660 pelanggan.

Sementara, gangguan Listrik selama tahun 2017 juga mengalami penurunan sebesar 2,75 kali/100 kms. Rata-rata angka gangguan penyulang (listrik padam) 2017 sebanyak 6,55 kali/100 kms, turun bila dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar 9,3 kali/100 kms.

“Penjualan listrik selama tahun 2017 sebesar 25.126 GWH, atau tubuh 3,1% dibanding tahun 2016. PLN terus berusaha menyambung sebanyak banyaknya, sesuai SOP guna meningkatkan penjualan tenaga listrik,” tegasnya.

Untuk tahun 2018 ini, PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta terus meningkatkan pelayanan dengan target penambahan pelanggan baru sebanyak 409.520 pelanggan dan target pertumbuhan penjualan tenaga listrik sebesar 7,5%.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BSI Cetak Laba Bersih Rp 1,48 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) berhasil menorehkan kinerja impresif sepanjang semester I 2021 dengan membukukan laba...

PLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA- Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp6,6 triliun hingga semester I 2021. Berdasarkan...

Setahun Hadir di Bandung, Pengguna Internet Rumah “XL Home” Naik 200%

BANDUNG- Layanan internet fiber XL Home dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kini telah hadir di sebagian daerah...

Nikmati Promo Khusus dari Hotel Santika Pekalongan untuk Penerima Vaksin Covid-19

PEKALONGAN - Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait vaksinasi masyarakat Indonesia Hotel Santika Pekalongan memberikan promo khusus kepada para...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tim Siaga Bencana di Semarang Dilatih Membuat Eco Enzyme

SEMARANG - Meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid 19 di awal tahun 2021 ini, menjadi perhatian khusus Palang Merah Indonesia...

Sinergi Telkomsel dan Gojek, Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi

JAKARTA– Melanjutkan sinergi yang telah dibangun, Telkomsel dan Gojek kembali menghadirkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya untuk meningkatkan produktivitas...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda