Ekonomi BisnisAnimo Masyarakat Beli Produk UMKM Jabar Sangat Tinggi

Animo Masyarakat Beli Produk UMKM Jabar Sangat Tinggi

-

- Advertisment -spot_img

KOTA BANDUNG – Animo masyarakat membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Barat (Jabar) sangat tinggi. 

Hal itu terlihat dari banyaknya produk UMKM yang terjual dalam Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) di Trans Studio Mall (TSM), Kota Bandung, Minggu (4/4/2021). 

Perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM)Kota Cirebon, Heri Rinaldi mengatakan, satu per satu batik khas Cirebon laku terjual. 

“Ada yang suka batik pewarna alami, batik kontemporer, dan batik cirebonan, _Alhamdulillah_ motif keratonan kita habis. Yang batik pewarna alami juga sudah banyak peminatnya,” kata Heri.

Heri menilai, PKJB dan KKJB menjadi ruang bagi UMKM Jabar, khususnya Kota Cirebon, untuk mempromosikan produknya. Dengan begitu,  produk UMKM dapat dikenal masyarakat Jabar meski dalam situasi pandemi. 

Hal senada dikatakan pemilik _brand_ TYU, Zara. Menurutnya, kedua gelaran tersebut menjadi momentum pelaku UMKM untuk memperluas pasar. Apalagi produk yang ditawarkannya, yakni buah kering atau _dried fruit_, masih belum familiar. 

“Saya berharap, semoga orang-orang bisa lebih kenal dengan TYU karena ini merupakan _brand_ baru. Kita sangat berharap _brand awareness_ dari masyarakat,” kata Zara. 

“Semoga (PKJB dan KKJB) ini bisa menjadi bagian dari _branding_ TYU agar masyarakat lebih mengenal produk TYU, produk _dried fruit_ (buah kering) tanpa gula dan tanpa pengawet,” imbuhnya. 

Deputi Direktur Analis Eksekutif Divisi _Advisory_ Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia, Gentur Wibisono berharap gelaran PKJB dan KKJB  dapat melahirkan UMKM berkelas internasional. 

“Target dari PKJB dan KKJB ini adalah memunculkan para UMKM yang berkelas internasional, mereka telah terkurasi dengan baik oleh teman-teman Bank Indonesia dan Dekranasda Jawa Barat di bawah arahan dari Bapak Gubernur Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan Jawa Barat Bapak Herawanto, semua kita dedikasikan agar UMKM Jabar Paten dan UMKM Jabar Juara,” ujar Gentur Wibisono.

Acara PKJB dan KKJB 2021 digelar untuk mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kedua acara itu mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

Dalam rangkaian acara, akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar dan Dekranasda Jabar. 

Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional. (zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pembelian Tiket KA untuk Keberangkatan Mulai 26 Oktober Wajib Gunakan NIK

SEMARANG - Calon pelanggan yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan mulai 26 Oktober 2021 wajib...

Marimas dan Pemkot Semarang Bangun Taman Parkour di Lamper Tengah

SEMARANG - Dalam upaya mendukung Program Pemerintah Kota Semarang meningkatkan Ruang Terbuka Hijau, PT. Marimas Putera Kencana turut terlibat...

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api, Ini Syaratnya

SEMARANG - Mulai 22 Oktober 2021, anak-anak usia dibawah 12 tahun kembali diperbolehkan naik kereta api setelah sebelumnya dilarang. Aturan...

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda