Arus Balik, KAI Daop 4 Semarang Ingatkan Pelanggan KA

0
– NAIK KERETA- Sejumlah penumpang nampak antri masuk kereta api dari Stasiun Tawang Semarang. Foto : Dok.KAI/zonapasar.com

 

 

ZONAPASAR.COM, SEMARANG- Tercatat di data pemesanan tiket, per tanggal 11/4-2024 pukul 08.00 pelanggan KA yang akan bepergian berangkat dengan transportasi Kereta Api di Stasiun-Stasiun Wilayah Daop 4 Semarang pada masa arus balik Lebaran 2024 periode tanggal 12 s.d 16 April 2024 mulai meningkat , yaitu sebanyak 109.485 Pelanggan. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring penjualan tiket KA yang masih berlangsung .

Pada periode tersebut Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng menjadi tempat favorit keberangkatan bagi pelanggan untuk naik KA dengan jumlah 31.784 pelanggan, disusul Stasiun Tegal 19.347 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol 16.963 pelanggan, Stasiun Pekalongan 12.495 pelanggan , Stasiun Cepu 7.915 pelanggan, Stasiun Pemalang 6.591 pelanggan dan Stasiun Ngrombo di Grobogan sebanyak 4.780 pelanggan.

Adapun puncak arus balik pada masa lebaran ini, di prediksi terjadi pada tanggal 14 April 2024 atau H+4 , dimana sekitar 30 ribu pelanggan akan berangkat / naik di Stasiun-stasiun diwilayah Daop 4 Semarang ke berbagai kota di pulau Jawa, dengan tujuan favorit yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Jember, jumlah tersebut juga termasuk KA Aglomerasi dan KA Lokal jarak menengah dengan tujuan Purwokerto, Tegal , Solo, Yogyakarta, dan Cepu . Dan untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat untuk menggunakan Kereta Api , KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan beberapa Kereta Api Tambahan Lebaran.

Manager Humas Daop 4 Semarang , Franoto Wibowo mengatakan, sebanyak 3 KA tambahan lebaran dari Daop 4 Semarang yaitu KA Argo Merbabu tambahan, KA Ciremai tambahan dan KA Kaligung tambahan disiapkan untuk arus balik lebaran ini , juga terdapat 8 Perjalanan KA tambahan dari Daerah Operasi lainnya yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang seperti 4 KA Sembrani tambahan, 2 KA Brantas tambahan dan 2 KA Kertajaya tambahan” kata Franoto

Untuk mewujudkan perjalanan KA yang penuh makna dan Ceria di masa arus balik libur lebaran ini , KAI Daop 4 Semarang mengingatkan kepada Pelanggan KA dan masyarakat untuk :

1. Alokasikan waktu perjalanan dari tempat tinggal ke Stasiun dengan baik dan cermat. karena diperkirakan akses jalan ke arah stasiun akan padat , kami imbau dan ingatkan kepada pelanggan KA untuk mengantisipasi waktu kedatangan ke Stasiun agar tidak ketinggalan Kereta Api.

2. Tidak berlebihan membawa barang bawaan.
Demi kenyamanan dan keamanan baik di stasiun maupun di perjalanan KA , agar tidak membawa barang berlebihan. Barang bawaan yang diizinkan yaitu maksimal 20 Kg dengan dimensi maksimal 100cm x 48cm x 30cm.

3. Untuk mengurangi antrian di Boarding Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, pelanggan agar masuk melalui Boarding Gate Face Recognition.
Pelanggan tidak perlu melakukan boarding manual dengan memperlihatkan tiket dan kartu identitas, cukup setelah melakukan e-boarding di gadget nya pelanggan dapat masuk melalui gate masuk Face Recognition.

4. Penumpang Ibu Hamil dengan usia kandungan kurang dari 14 minggu dan lebih dari 28 minggu harus menyertakan surat keterangan yang menyatakan sehat dan tidak ada kelainan dari Dokter kandungan/ bidan serta wajib ada pendamping. Petugas di boarding gate apabila menemukan penumpang ibu hamil akan mengarahkan ke Pos Kesehatan yang ada di Stasiun untuk dilakukan assesmen dan pemeriksaan.

5. Seiring dengan bertambahnya frekuensi perjalanan kereta api di masa angkutan lebaran ini, KAI mengingatkan kepada masyarakat pengguna jalan atau pengendara kendaraan di perlintasan sebidang kereta api, untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika akan melewati perlintasan sebidang. Baik dijaga maupun tidak dijaga , masyarakat dan pengendara kendaraan wajib berhenti sejenak , tengok kanan-kiri , yakinkan tidak ada kereta api yang akan melintas baru boleh melewati perlintasan sebidang.

“Di masa arus balik lebaran 2024 ini , KAI menyiapkan SDM, sarana , prasarana dan pelayanan dengan baik agar sukses seperti tahun sebelumnya serta memastikan mengantar pelanggan dengan aman, nyaman dan bebas dari kemacetan, Sehingga momen liburan lebaran bersama keluarga dapat berjalan dengan ceria dan penuh cerita bermakna,” tutup Franoto.(zav)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan