Ekonomi BisnisAset KPRI Bhakti Praja Jateng Lebihi Rp 92 Miliar

Aset KPRI Bhakti Praja Jateng Lebihi Rp 92 Miliar

-

- Advertisment -spot_img

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono/istimewa.

SEMARANG- Kinerja KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah semakin menunjukkan perkembangan positif, hal itu terlihat dari aset koperasi yang melebihi Rp 92 miliar.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono menyambut baik perkembangan positif KPRI Bhakti Praja tersebut. Perkembangan positif itu menurutnya menjadi bukti konkret bahwa KPRI Bhakti Praja terus menunjukan peningkatan yang signifikan.

“Saya melihat KPRI Bhakti Praja semakin hari semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan yang nyata ditandai dengan aset kita kurang lebih Rp 92 miliar lebih,” ujarnya Sri Puryono, Selasa (4/12).

Sri Puryono berharap, transparansi dan integritas KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah terus dikedepankan. Selain itu, harus mempertahankan demokratisasi dalam mengelola koperasi. Apabila muncul kendala, hendaknya segera bermusyawarah.

“Saya rasa demokratisasi KPRI Bhakti Praja sudah terwujud. Apa-apa dirembuk, termasuk saat ini Bapak/Ibu diajak untuk menyusun anggaran belanja pada tahun 2019 dan ini merupakan wujud transparansi dari koperasi kita,” ujarnya.

Sri Puryono pun meminta pengurus dan direksi KPRI Bhakti Praja Jawa Tengah dapat sigap menangkap peluang pasar yang menjanjikan. Dia mencontohkan, pada era digital seperti saat ini memungkinkan dikembangkannya program kredit berbasis aplikasi.

“Pada era digital ini, nanti bisa dikembangkan hutang menggunakan aplikasi. Tidak usah selalu datang ke sini, kalau saat verifikasi baru datang. (Kredit) masuk ke rekening kalau sudah disetujui. Koperasi kita semakin banyak yang pinjam, semakin bergairah. Hutang boleh, tapi jangan ngemplang,” pungkas alumnus UGM ini.

Sementara itu, Wakil Ketua KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah, Edy Joko Pramono mengemukakan, jumlah anggota KPRI Bhakti Praja hingga Oktober tahun ini tercatat setidaknya ada 4.740 anggota. Sementara itu, pencairan jumlah pinjaman anggota hingga akhir September 2018, telah mencapai lebih dari Rp 34,229 miliar.

“Jadi ada kenaikan 36,04 persen jika dibandingkan pada tahun 2017. Dari keberhasilan yang ada, tentu pengurus memahami masih ada sedikit kendala yang perlu diselesaikan. Di antaranya tingkat partisipasi aktif anggota dalam memanfaatkan pelayanan koperasi masih rendah. Dari 4.740 anggota yang memanfaatkan baru 40 persen,” ucapnya.

Edy menjelaskan, untuk meningkatkan partisipasi aktif anggota koperasi, KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah memberikan hadiah langsung kepada anggota yang mengajukan pinjaman pada kurun waktu Oktober-November 2018.

“Misalnya pinjam Rp 50 juta dikasih TV. Selain itu, kami mengintensifkan usaha yang sudah ada,” jelasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Dorong Produksi Ekspor, PLN Tambah Daya Produsen Tas

KUDUS– PLN melakukan energize PT Wanxinda Travel Goods. Produsen tas ini menyepakati penambahan daya dari daya I2/197 kilo Volt...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Mendukung Pengembangan Ekosistem Electric Vehicle

SEMARANG- PT PLN (Persero) siap mendukung program pemerintah terkait percepatan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric...

PLN Sambung Listrik Gratis di Kulon Progo

YOGYAKARTA- PLN kembali melakukan penyambungan gratis kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Corporate Social Responsibility...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda