Ekonomi BisnisAset KPRI Bhakti Praja Jateng Lebihi Rp 92 Miliar

Aset KPRI Bhakti Praja Jateng Lebihi Rp 92 Miliar

-

- Advertisment -spot_img

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono/istimewa.

SEMARANG- Kinerja KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah semakin menunjukkan perkembangan positif, hal itu terlihat dari aset koperasi yang melebihi Rp 92 miliar.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono menyambut baik perkembangan positif KPRI Bhakti Praja tersebut. Perkembangan positif itu menurutnya menjadi bukti konkret bahwa KPRI Bhakti Praja terus menunjukan peningkatan yang signifikan.

“Saya melihat KPRI Bhakti Praja semakin hari semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan yang nyata ditandai dengan aset kita kurang lebih Rp 92 miliar lebih,” ujarnya Sri Puryono, Selasa (4/12).

Sri Puryono berharap, transparansi dan integritas KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah terus dikedepankan. Selain itu, harus mempertahankan demokratisasi dalam mengelola koperasi. Apabila muncul kendala, hendaknya segera bermusyawarah.

“Saya rasa demokratisasi KPRI Bhakti Praja sudah terwujud. Apa-apa dirembuk, termasuk saat ini Bapak/Ibu diajak untuk menyusun anggaran belanja pada tahun 2019 dan ini merupakan wujud transparansi dari koperasi kita,” ujarnya.

Sri Puryono pun meminta pengurus dan direksi KPRI Bhakti Praja Jawa Tengah dapat sigap menangkap peluang pasar yang menjanjikan. Dia mencontohkan, pada era digital seperti saat ini memungkinkan dikembangkannya program kredit berbasis aplikasi.

“Pada era digital ini, nanti bisa dikembangkan hutang menggunakan aplikasi. Tidak usah selalu datang ke sini, kalau saat verifikasi baru datang. (Kredit) masuk ke rekening kalau sudah disetujui. Koperasi kita semakin banyak yang pinjam, semakin bergairah. Hutang boleh, tapi jangan ngemplang,” pungkas alumnus UGM ini.

Sementara itu, Wakil Ketua KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah, Edy Joko Pramono mengemukakan, jumlah anggota KPRI Bhakti Praja hingga Oktober tahun ini tercatat setidaknya ada 4.740 anggota. Sementara itu, pencairan jumlah pinjaman anggota hingga akhir September 2018, telah mencapai lebih dari Rp 34,229 miliar.

“Jadi ada kenaikan 36,04 persen jika dibandingkan pada tahun 2017. Dari keberhasilan yang ada, tentu pengurus memahami masih ada sedikit kendala yang perlu diselesaikan. Di antaranya tingkat partisipasi aktif anggota dalam memanfaatkan pelayanan koperasi masih rendah. Dari 4.740 anggota yang memanfaatkan baru 40 persen,” ucapnya.

Edy menjelaskan, untuk meningkatkan partisipasi aktif anggota koperasi, KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah memberikan hadiah langsung kepada anggota yang mengajukan pinjaman pada kurun waktu Oktober-November 2018.

“Misalnya pinjam Rp 50 juta dikasih TV. Selain itu, kami mengintensifkan usaha yang sudah ada,” jelasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Smartfren Sediakan Hadiah Miliaran Rupiah di Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga

JAKARTA – Setelah sukses membagikan hadiah sekaligus membuka peluang baru untuk lebih dari 3,9 juta pemenang, sekarang Smartfren menghadirkan...

Mulai Hari Ini Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Menjadi Rp 45.000

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di Stasiun dari sebelumnya...

Original Coklat dari Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Coklat? Makanan manis yang bisa menjadi Mood Boster untuk sebagian orang. Makanan manis satu ini tentu sangat...

Usaha Jus Organik Pelajar Semarang Ini Raup Omzet Jutaan

SEMARANG - Usaha jus buah dan sayuran organik yang ditekuni pelajar di Kota Semarang ini membawa keberuntungan bagi kondisi...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KA Lokal PSO Kedungsepur dan Ekonomi Lokal Cepu, Kembali Beroperasi

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, kembali mengoperasikan KA Lokal PSO mulai Rabu 22 September...

Sporty Car Kian Diminati, Nasmoco Hadirkan 5 Varian Toyota Gazoo Racing

SEMARANG - Diperkenalkan sejak dua tahun lalu, deretan model Toyota Gazoo Racing mulai dari sports car GR Supra hingga...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda