Begini Keuntungan Tukar Kartu ATM/Debit Logo GPN

BI Jateng bersama perbankan menggelar pekan penukaran kartu berlogo GPN yang dimulai pada tanggal 19 hingga 26 Agustus 2018. Masyarakat bisa menukarkan ATM ke perbankan masing-masing.

SEMARANG- Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah menargetkan tahun 2022 semu kartu ATM sudah berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) maupun seluruh merchant yang ada. Hal ini untuk mensukseskan program pemerintah dalam kemudahan transaksi perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menuturkan, GPN akan memudahkan transaksi perbankan karena seluruh bank akan terkoneksi satu dengan yang lain. Sehingga bisa menekan biaya transaksi.

“Melalui GPN diharapkan dapat meningkatkan perlindungan komsumen serta mengedukasi masyarakat agar dapat bertransaksi secara aman tanpa perlu menggunakan banyak kartu kredit. Kami ingin tranksaksi non tunai bisa di sebarluaskan,” kata Ponco mendukung kemajuan negeri,” kata Hamid usai melakukan kampanye GPN di halaman kantor DPRD Jateng, Minggu (19/8).

Ponco menambahkan, melalui kartu GPN, pihaknya ingin mengedepankan sistem interkoneksi dalam pembayaran. Selain itu, transaksi dilakukan di dalam negeri. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi karena beberapa biaya bisa ditekan.

Salah satunya dengan penurunan biaya tambahan (surcharge) kepada merchant. Sebelum menggunakan kartu GPN surcharge berkisar antara 2 sampai 3% dengan adanya GPN bisa turun menjadi 0,5 sampai 1% saja.

“Dengan adanya GPN transaksi akan lebih mudah, sementara biaya tambahan dapat lebih murah sejak adanya GPN. Sehingga GPN sangat membantu masyarakat dalam kemudahan transaksi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng Budiyanto Eko Purwono mengatakan, sangat mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam memberikan kemudahan bertransaksi melalui GPN.

“Kami dari Pemprov mendukung penuh kampanye dari BI agar masyarakat menjalarkan kartu ATM miliknya dengan yang mempunyai logo GPN. Ini dimaksudkan memudahkan transaksi perbankan yang akan dilakukan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here