Ekonomi BisnisBegini Keuntungan Tukar Kartu ATM/Debit Logo GPN

Begini Keuntungan Tukar Kartu ATM/Debit Logo GPN

-

- Advertisment -spot_img

BI Jateng bersama perbankan menggelar pekan penukaran kartu berlogo GPN yang dimulai pada tanggal 19 hingga 26 Agustus 2018. Masyarakat bisa menukarkan ATM ke perbankan masing-masing.

SEMARANG- Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah menargetkan tahun 2022 semu kartu ATM sudah berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) maupun seluruh merchant yang ada. Hal ini untuk mensukseskan program pemerintah dalam kemudahan transaksi perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menuturkan, GPN akan memudahkan transaksi perbankan karena seluruh bank akan terkoneksi satu dengan yang lain. Sehingga bisa menekan biaya transaksi.

“Melalui GPN diharapkan dapat meningkatkan perlindungan komsumen serta mengedukasi masyarakat agar dapat bertransaksi secara aman tanpa perlu menggunakan banyak kartu kredit. Kami ingin tranksaksi non tunai bisa di sebarluaskan,” kata Ponco mendukung kemajuan negeri,” kata Hamid usai melakukan kampanye GPN di halaman kantor DPRD Jateng, Minggu (19/8).

Ponco menambahkan, melalui kartu GPN, pihaknya ingin mengedepankan sistem interkoneksi dalam pembayaran. Selain itu, transaksi dilakukan di dalam negeri. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi karena beberapa biaya bisa ditekan.

Salah satunya dengan penurunan biaya tambahan (surcharge) kepada merchant. Sebelum menggunakan kartu GPN surcharge berkisar antara 2 sampai 3% dengan adanya GPN bisa turun menjadi 0,5 sampai 1% saja.

“Dengan adanya GPN transaksi akan lebih mudah, sementara biaya tambahan dapat lebih murah sejak adanya GPN. Sehingga GPN sangat membantu masyarakat dalam kemudahan transaksi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng Budiyanto Eko Purwono mengatakan, sangat mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam memberikan kemudahan bertransaksi melalui GPN.

“Kami dari Pemprov mendukung penuh kampanye dari BI agar masyarakat menjalarkan kartu ATM miliknya dengan yang mempunyai logo GPN. Ini dimaksudkan memudahkan transaksi perbankan yang akan dilakukan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda