Beginilah Cara Kerja Kamera Polaroid, Bikin Foto Langsung Jadi!

0
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-close-up-kamera-di-rumput-1433191/

 

 

ZONAPASAR.COM – Kamera Polaroid banyak disukai karena bisa langsung mencetak foto yang baru saja diambil. Hal ini tentu saja tidak bisa didapatkan dari kamera digital. Lalu, bagaimana cara kerja kamera Polaroid ini?

Cara Kerja Kamera Polaroid

Kamera Polaroid dan kemampuannya menghasilkan foto beberapa detik setelah pengambilan gambar menandai titik balik dalam dunia industri kamera pada 1970-an. Meskipun teknologi kamera saat ini semakin tinggi, namun perusahaan Polaroid masih tetap bertahan hingga sekarang.

Nama kamera ini masihi dentik dengan kamera legendaris di era1970-an serta teknologi inovatifnya. Begini cara kerja kamera Polaroid yang perlu Anda ketahui:

Mekanika

Kamera Polaroid diisi dengan paket film. Adapun paket film ini berisi lembaran negatif plastik yang dilapisi dengan bahan kimia reaktif. Saat gambar diambil, rol bagian dalam kamera mengeluarkan satu negatif dari kemasan dan menahannya di depan lensa kamera.

Negatif tersebut akan ditahan di posisi ini untuk sesaat ketika rana terbuka. Selanjutnya, negatif ini memaparkan film ke cahaya yang masuk dari lensa. Setelah waktu pencahayaan yang diperlukan, rol kamera akan mengeluarkan negatif. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghapus gambar.

Optik

Semua kamera analog bekerja dengan cara yang kurang lebih sama. Saat gambar diambil, bukaan kamera akan terbuka sebentar untuk membiarkan pola cahaya yang dipantulkan dari objek yang diambil masuk. Bentuk bulat dari lensa kamera ini membawa cahaya ke segala arah, lalu memantulkannya kembali ke kamera dalam satu arah menuju film.

Ketika rana terbuka, pola cahaya yang dipantulkan ini mengenai film yang terdiri dari tiga lapisan senyawa perak. Masing-masing dari lapisan ini menyerap rona cahaya utama yang berbeda, yaitu merah, biru, dan hijau.

Kimia

Pemotretan instan menggunakan kamera Polaroid ini dapat terjadi karena adanya reaksi kimia. Reaksi ini terjadi di bawah permukaan senyawa perak pada negatifnya. Lapisan kimia ini terdiri dari lapisan penembang, lapisan gambar, lapisan waktu serta lapisan asam. Adapun lapisan-lapisan tersebut bereaksi dengan adanya reagen.

Reagen merupakan bahan kimia yang memicu reaksi untuk menghasilkan warna yang ditangkap di lapisan perak negatif. Lapisan perak berperan sebagai penahan pola cahaya, sedangkan bahan kimia yang bereaksi secara permanen mengubah warna cahaya yang dipantulkan menjadi negatif.

Mengeluarkan Foto

Saat rol mengeluarkan foto, rol juga akan menekan negatif untuk melepaskan bahan kimia reagen yang ditahan di batas putih negatif. Ketika reagen menutupi permukaan perak, hal ini akan memicu reaksi kimia yang menghasilkan gambar.

Gambar tersebut membutuhkan waktu yang singkat untuk berkembang sepenuhnya. Akan tetapi, negatif perlahan berubah dari abu-abu menjadi foto berwarna saat warna ditetapkan. Selama proses ini, sebenarnya perusahaan Polaroid menyarankan Anda untuk tidak menggoyangkan gambar. Hal ini tentu berlawanan dengan kebijakan populer yang ada.

Salah satu kamera Polaroid terbaik yang bisa Anda pilih adalah Instax Mini yang memiliki lebih banyak variasi ukuran. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur self-timer serta self-shot mirror yang dapat membantu Anda saat berfoto selfie.

Ada berbagai series kamera Instax Mini yang dapat Anda pilih sesuai selera, salah satunya Instax Mini 12 dengan bentuk yang menarik serta berbagai fitur yang mumpuni. Anda bisa membeli Instax Mini 12 di Blibli. Selain itu, ada berbagai bentuk dan warna Instax mini yang bisa Anda dapatkan di Blibli.

Dengan cara kerja kamera Polaroid yang dapat menghasilkan gambar secara kilat, tidak ada salahnya untuk memiliki kamera ini. Terlebih Anda saat suka mengabadikan berbagai momen penting dalam hidup. (***)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan