BI Jalin Kerjasama dengan ISEI Jateng

0
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Tengah menyelenggarakan Forum Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan Jawa Tengah (PUSAKA Jateng), Rabu (9/8/2023). Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Tengah menyelenggarakan Forum Perumusan Analisis dan Rekomendasi Kebijakan Jawa Tengah (PUSAKA Jateng).

Rahmat Dwisaputra selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah mengatakan, Forum PUSAKA Jateng merupakan forum akademis dan profesional yang membahas perekonomian Jawa Tengah dalam bentuk penyusunan artikel ilmiah, seminar perekonomian, serta presentasi hasil penelitian tentang berbagai isu strategis di Jawa Tengah.

“Pada tahun 2023, forum ini mengusung tema “Akselerasi Ekonomi Jawa Tengah Menghadapi Tantangan Global Melalui Penguatan Investasi dan Circular Economy” dan terdiri dari call for paper dan seminar ekonomi,” katanya.

Dijelaskan, Call for paper PUSAKA Jateng diikuti oleh 146 peserta dari berbagai kalangan, antara lain akademisi, praktisi ekonomi, mahasiswa, dan masyarakat umum. Pada tahun ini, pokok bahasan artikel ilmiah difokuskan pada upaya meningkatkan optimisme dalam pemulihan ekonomi di tengah risiko ancaman resesi melalui penguatan ketahanan pangan, implementasi circular economy, dan pengembangan sumber ekonomi baru sehingga dapat mendukung pencapaian Jawa Tengah sejahtera dan berdikari.

Sementara, rangkaian acara PUSAKA Jateng dilanjutkan dengan seminar dan talkshow ekonomi serta pengumuman pemenang call for paper PUSAKA Jateng. Puncak Forum PUSAKA Jateng diawali dengan welcoming remarks dari Rahmat Dwisaputra selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, dilanjutkan dengan keynote speech dari Doni Primanto Joewono selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif tentang investasi dan circular economy, yang menghadirkan para narasumber ahli yaitu Ndari Surjaningsih (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah), Dadang Soemantri ATD, MT (Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah), Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika P, M.Si (Wakil Ketua I ISEI Jawa Tengah), Akhmad Akbar Susamto (Direktur Riset CORE Indonesia), Dewi Hestyani (General Affair & Community Relation Manager PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.,) dan Cindy May Mc Guire (Puteri Indonesia Lingkungan 2022).

Pada puncak Forum PUSAKA Jateng, dilakukan pula penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Bank Indonesia dengan ISEI Jawa Tengah untuk mendorong ketahanan pangan Jawa Tengah melalui pilot project pendampingan Badan Usaha Milik Petani (BUMP).

Lebih lanjut, sebagai hasil diskusi isu strategis, rekomendasi kebijakan PUSAKA Jateng 2023 oleh para finalis call for paper disadur dalam bentuk prosiding dan disampaikan kepada pemangku kebijakan terutama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang call for paper PUSAKA Jateng 2023. Untuk kategori akademika, juara pertama diraih oleh Bayu Dwi Apri Nugroho dengan judul “Optimalisasi Hasil Pertanian dengan Sistem Clustering di Karanganyar Jawa Tengah”. Sementara untuk kategori profesional, juara pertama diraih oleh Hayu Fadlun dan Nugraha Pukuh dengan judul “Ketahanan Pangan Rumah Tangga: Pertahanan Awal Melawan Kerawanan Pangan di Jawa Tengah”.

Rangkaian Forum PUSAKA Jateng 2023 dilaksanakan pada 8-9 Agustus 2023 di Kota Semarang dan Kabupaten Magelang, serta dihadiri oleh seluruh stakeholders Bank Indonesia antara lain Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah, pengurus ISEI Jawa Tengah, akademisi, asosiasi, pelaku usaha, dan perbankan.

Melalui perumusan rekomendasi pada Forum PUSAKA Jateng 2023 dan sinergi dari berbagai pihak, diharapkan akan menghasilkan rekomendasi dan solusi aplikatif yang dapat diimplementasikan guna mendorong kinerja perekonomian Jawa Tengah yang semakin berdaya saing, berdikari, dan inklusif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan