Ekonomi BisnisBI Jateng Gandeng Delapan Bank Buka Penukaran Uang Baru...

BI Jateng Gandeng Delapan Bank Buka Penukaran Uang Baru di Semarang

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo saat melakukan penukaran uang secara simbolik di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Senin (20/5/19).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah bersama delapan bank mulai membuka layanan penukuran uang baru bagi masyarakat Kota Semarang selama 20 – 23 Mei 2019.

Bertempat di GOR Tri Lomba Juang Semarang, BI dan sejumlah perbankan tersebut menyediakan uang pecahan kecil mulai Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000.

Adapun kedelapan bank tersebut yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Jateng, BCA, CIMB Niaga dan juga Maybank.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo mengatakan, pembukaan layanan penukaran uang tersebut merupakan langkah menyambut Lebaran 2019 yang biasanya akan terjadi peningkatan permintaan uang kartal oleh masyarakat.

“Melalui kegiatan penukaran uang baru ini kami harapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik dan kebutuhan masyarakat akan uang kartal tersebut tercukupi,” ujar Soekowardojo, Senin (20/5/19).

Dikatakan, adanya kegiatan penukaran uang baru tersebut juga menjadi langkah BI meminimalisir terjadinya peredaran uang palsu dan tindakan oknum tidak bertanggung jawab yang bisa merugikan masyarakat.

Menurutnya, masyarakat harus selalu waspada memilih tempat penukaran uang seperti di pinggir-pinggir jalan. Ia pun mengimbau masyarakat menukarkan uangnya di Kantor BI maupun di kantor perbankan terkait.

“Masyarakat dihimbau agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui
layanan resmi yang diselenggarakan BI dan perbankan di wilayah Indonesia serta pihak-pihak lain yang ditunjuk oleh BI. Penukaran uang secara resmi juga tidak dipungut biaya (gratis),” ucapnya.

Selain penukaran uang di GOR Tri Lomba Juang tersebut, kata dia BI Jateng juga membuka 109 titik layanan penukaran uang termasuk di rest area ataupun jalur mudik yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Sementara itu, lanjutnya kebutuhan uang saat lebaran 2019 di Provinsi Jateng diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun 2018 lalu.

Mengantisipasi hal itu, saat ini BI Jateng telah menyiapkan uang sebesar Rp 23,3 triliun naik 7,8%, dari tahun 2018 yang sebesar 20,4 triliun. Khusus di Kota Semarang, BI juga telah menyiapkan uang sebesar 10 triliun, naik sebesar 5%. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Subholding Gas Pertamina Raih ISO 55001

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina berhasil mendapatkan sertifikat ISO 55001: Sistem Manajemen...

Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

JAKARTA - Menuju hari ulang tahun (HUT) ke-65 pada 20 Februari 2022, hari ini (1/12) Astra meluncurkan logo HUT...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda