BPJS Ketenagakerjaan dan SRCIS Perluas Perlindungan Jamsos UMKM

0
– KOLABORASI- BPJS Ketenagakerjaan dan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) bekerja sama untuk memperluas jangkauan Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi UMKM dan Masyarakat Indonesia melalui aplikasi AYO SRC. Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan dan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) bekerja sama untuk memperluas jangkauan Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi UMKM dan Masyarakat Indonesia melalui aplikasi AYO SRC. Kerja sama ini diresmikan oleh Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan I Putu Wiradana dan Direktur SRCIS Rima Tanago secara langsung di Kantor Pusat SRCIS di Jakarta, pada 9 Februari 2023.

Kolaborasi ini dituangkan dalam bentuk integrasi kanal daftar dan kanal bayar yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pekerja Indonesia, khususnya pemilik beserta karyawan toko kelontong. Hal ini bertujuan agar para pekerja tersebut mendapatkan perlindungan atas risiko kerja, mulai dari kecelakaan saat bekerja ataupun saat dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat kerja.

Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan, I Putu Wiradana mengatakan, kolaborasi ini membuat pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan kini hadir lebih dekat dengan UMKM dan masyarakat Indonesia.

“Pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan akan dapat dilakukan melalui lebih dari 225.000 UMKM Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga, masyarakat kini dapat lebih mudah mendapatkan akses dan manfaat perlindungan atas risiko kerja,” kata Wira.

Wira menambahkan, saat ini BPJS Ketenagakerjaan memiliki target melindungi 70 juta pekerja di tahun 2026. Oleh sebab itu, pihaknya mengambil langkah pendekatan khusus agar para pekerja dengan mudah memahami makna pentingnya jaminan sosial dan segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta. Pendekatan tersebut bernama kampanye ‘Kerja Keras Bebas Cemas’.

Direktur SRCIS, Rima Tanago menyampaikan, apresiasi dan komitmen pihaknya bersama BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung UMKM Indonesia agar dapat semakin berkembang melalui pemerataan akses perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kerja sama yang baik ini. Kolaborasi antara SRCIS dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung program pemerintah, utamanya terkait dengan pemerataan akses perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Kami berharap ke depannya kerja sama ini dapat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku dan karyawan UMKM Toko Kelontong serta memberikan efek ganda terkait kenyamanan dalam bekerja dan peningkatan pelayanan toko SRC bagi lingkungan sekitarnya,” jelas Rima.

Diketahui, program SRC sudah dimulai sejak tahun 2008. Hingga November 2022, SRC memiliki jaringan yang mencapai lebih dari 225.000 toko yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Peluncuran kerja sama ini sekaligus menjadi awal dibukanya Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi AYO SRC. Sedangkan untuk Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi AYO SRC akan dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Ditemui secara terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Antony Sugiarto mengatakan, kerja sama ini sebenarnya bertujuan agar para pekerja tersebut mendapatkan perlindungan atas risiko kerja, mulai dari kecelakaan saat bekerja ataupun saat dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat kerja.

“Kami akan mensosialisasikan (red. kerjasama ini) kepada para pekerja sektor formal maupun informal, bahwa dengan adanya kerja sama ini, para pekerja dapat lebih mudah mendaftar ataupun melakukan pembayaran khususnya di kabupaten Banyumas. Apresiasi tinggi saya sampaikan kepada PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) karna telah membantu kita (BPJS Ketenagakerjaan) dalam melindungi pekerja,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Klaten, Heru Siswanto mengatakan, kerja sama ini sebenarnya bertujuan agar para pekerja tersebut mendapatkan perlindungan atas risiko kerja, mulai dari kecelakaan saat bekerja ataupun saat dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat kerja.

“Kami akan terus mensosialisasikan program tersebut secara massive, sehingga para pelaku UMKM bisa lebih produktif dan aman terlindungi karena terdafatr program BPJS Ketenagakerjaan. Dan apresiasi tinggi saya sampaikan kepada PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) karna telah membantu kita (BPJS Ketenagakerjaan) dalam melindungi pekerja,” pungkas Heru.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan