Busyro Muqoddas Berharap SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Mampu Hadapi Tantangan Industri 4.0

0
Busyro Muqoddas saat sarasehan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (foto:ist)

YOGYAKARTA, ZONAPASAR.COM – Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas ikut memberikan motivasi kepada para tenaga guru di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Itu dilakukan saat kegiatan sarasehan dan temu kangen purna guru dan tenaga kependidikan dalam rangka Milad ke-73 SMA Muhi Yogyakarta, Senin (5/9).

Kegiatan yang berlangsung  di Grha As Sakinah SMA Muhi ini dihadiri sekitar 100 purna GTK dan 120 GTK aktif.

Busyro Muqoddas berharap SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta memiliki nilai lebih dibanding dengan lulusan SMA Muhammadiyah lainnya.

Siswa SMA Muhi harus siap menjawab tantangan zaman sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan menghadapi era industri 4.0. Sekolah juga harus tetap membudayakan siswa untuk berpegang teguh pada nilai-nilai dasar yaitu al-Quran dan as-Sunnah yang menjadi pondasi dalam menjawab beragam jenis tantangan zaman.

“Harapan saya sekolah berkomitmen membentuk generasi berakhlaqul karimah, cerdas dan tanggap menghadapi perubahan zaman dengan memberikan pengalaman belajar berkonsep Islami dan modern sesuai perubahan zaman,” kata Busyro yang juga Ketua PP Muhammadiyah.

Sebagai motivasi Busyro mengutip surat QS. Al-Hasyr Ayat 18. Dari surat ini dapat dipetik hikmah agar guru senantiasa untuk belajar dari pengalaman masa lalu untuk perbaikan di masa depan. Allah telah menjanjikan bahwa setiap perbuatan yang dilakukan manusia akan diteliti dengan cermat.

Tri Hari Nurdin, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Humas menyampaikan kegiatan ini rutin diadakan setiap Milad SMA Muhi di Bulan September. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan ajang silaturahmi yang baik antara sekolah dengan para senior yang dahulu pernah mengabdi di SMA Muhi.

Selain Busyro Muqoddas, ada pemateri lain yakni Ar. Munichy Bachron Edrees, IAI, AA, mantan Ketua Ikatan Arsitek Indonesia yang juga alumni SMA Muh 1 Yogyakarta

Kepala SMA Muhi Drs. H Herynugroho, M.Pd menyampaikan terima kasih atas kepada para tamu undangan yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir.

Beliau menyampaikan beberapa program unggulan sekolah yang telah dijalankan saat ini. Dibidang inovasi pembelajaran sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris bersama Teachcast With Oxford yang membantu siswa untuk belajar komunikasi bahasa Inggris, Pada tahun ajaran 2022/2023 ini SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta telah bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program kelas internasional Global Assessment Certificate (GAC).

Pihaknya berharap program GAC ini dapat membekali peserta didik dengan kualifikasi masuk perguruan tinggi secara global. Ada lebih dari 100 universitas dan perguruan tinggi yang disebut sebagai GAC/ACT Pathway University yang berlokasi di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Meksiko akan siap menerima lulusan dari program GAC / ACT.

“Sekolah focus untuk meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yang disebut 4C. 4C itu adalah Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama),” terangnya. (alkomari)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights