Cara Mengecek NIK Jika Dipakai Orang Lain untuk Registrasi SIM Seluler

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika bersama dengan para operator telekomunikasi telah bersepakat untuk menyediakan layanan fitur cek nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar.

Fitur cek nomor itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakannya terdaftar di berapa nomor.

Hal ini untuk mengantisipasi sekaligus menghindari penyalahgunaan NIK dan Nomor KK oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Namun, tidak semua operator menggunakan fitur SMS untuk cek nomor tersebut, sebagian menggunakan website untuk melakukan pengecekan.

Berikut adalah link website, USSD dan SMS untuk fitur cek nomor yang disediakan oleh masing-masing operator.

Telkomsel fitur cek nomor melalui website https://telkomsel.com/cek-prepaid, Indosat melalui SMS dengan format INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444.

Xl Axiata melalui USSD dengan format: *123*4444#, Hutchison melalui https://registrasi.tri.co.id, Smartfren melalui https://my.smartfren.com/check_nik.php dan STI melalui website: https://my.net1.co.id.

Beberapa operator, seperti XL sudah menyediakan fitur ini untuk mengecek apakah NIK kita digunakan pihak lain untuk registrasi kartu prabayar.

Sedangkan, setelah melakukan berbagai langkah di atas menemukan adanya nomor aneh yang terdaftar menggunakan KK dan NIK anda, segera hubungi operator untuk dilakukan pemblokiran. Langkah ini sesuai Peraturan Menkominfo No. 12 tahun 2016 pasal 11 ayat 3. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here