Cegah Corona, Daop 4 Semarang Semprot Kereta dengan Disinfektan

Petugas menyemprotkan disinfektan di dalam gerbong kereta di Stasiun Tawang Semarang, Minggu (15/3/20).

SEMARANG – PT KAI Daop 4 Semarang melakukan sterilisasi stasiun dan penyemprotan disinfektan pada rangkaian kereta penumpang untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan, penyemprotan dilakukan secara rutin untuk memastikan rangkaian kereta dan fasilitas penumpang di stasiun tersebut dalam kondisi yang steril.

Selain penyemprotan, rangkaian kereta setiap harinya dilakukan pencucian baik ekterior maupun interiornya. Khusus toilet kereta juga sudah menjadi perhatian dalam urusan kebersihan bahkan sudah dijadikan standar pelayanan.

“Pada area stasiun PT KAI telah menyediakan hand sanitizer di titik tertentu yang mudah terlihat dan digunakan oleh penumpang,” kata Huda, Minggu (15/3/20).

Adapun hand sanitizer dapat dijumpai di area boarding pas, pintu masuk, ruang tunggu zona dua, loket, toilet, mushala dan area pintu keluar.

Dia menambahkan, KAI juga melakukan deteksi suhu tubuh menggunakan Thermal Gun untuk memastikan suhu tubuh penumpang dalam keadaan normal.

Petugas memeriksa suhu tubuh para penumpang di Stasiun Tawang Semarang, Jumat (15/3/20).

Penumpang yang memasuki area boarding pas akan diperiksa suhu tubuhnya, apabila ditemukan suhu badan melebihi 38 derajat celsius, maka tidak diperkenankan naik kereta terlebih dahulu.

“Bagi yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celsius, PT KAI akan mengembalikan penuh atau seratus persen biaya pemesanan tiket yang dilakukan,” jelasnya.

Selain itu, kata dia Petugas di stasiun yang berinteraksi dengan penumpang secara langsung juga di himbau untuk menggunakan masker. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus Corona di area stasiun. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here