Diluar Dugaan, Siswi MAN Kendal Raih Juara Pertama Audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng

Meina Tri Kurniasih, siswi MAN Kendal, Juara I ajang Audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng di MAJT Semarang, (14/2/2018)

SEMARANG –  Meina Tri Kurniasih (17) pelajar dari MAN Kendal berhasil menyabet juara satu dengan skor 712 di ajang Audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng oleh Ganas Annar MUI Jateng. Grand Final ajang tersebut digelar Rabu (14/2) malam pukul 20.00 – 22.00 di Ballroom Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajah Raya Semarang.

Keberhasilan Meina ini tentu mengejutkan banyak orang, termasuk Meina sendiri. Dari delapan finalis yang tampil di Grad Final, tiga orang berstatus mahasiwa dan lima lainnya berstatus pelajar.

Tak ayal, prestasi yang luar biasa ini langsung disambut Meina dengan sujud syukur di atas panggung. Air mata kebehagiaan langsung meluncur deras dari matanya, setelah dewan juri Susanto, mewakil juri lainnya, yaitu KH Muhyidin dan KH Hamid Ismail, LC menyebut nama Meina Tri Kurniasih sebagai juara satu.

Sebelumnya, Meina berjuang dengan menyisihkan peserta sebanyak 348 orang, yang datang dari kalangan pelajar tingkat SLTA, mahasiswa dari perguruan tinggi umum dan agama Islam, serta pondok pesantren dari seluruh penjuru Jawa Tengah. Atas keberhasilannya itu, Meina berhak atas hadiah uang Rp 7,5 juta dari Gubernur Jateng.

“Saya tidak menduga. Alhamdulillah. Saya belum percaya dengan (kerhasilan) ini. Saya ucapkan terima kasih kepada ibu bapak, para guru guru dan teman- teman di MAN Kendal. Doa dan support mereka sangat luar biasa,” katanya dengan mata berlinang air mata kebahagiaan.

Disisi lain, Meina mengatakan, prestasi ini adalah sebuah tanggung jawab bagi dirinya untuk ke depan bisa benar-benar bisa menjadi duta antinarkoba, yang mampu mengajak orang-orang di sekitarnya mau menjauhi narkoba.

Delapan Terbaik Duta Muda Antinarkoba Jateng Siap Bertarung di Grand Final Rabu Malam

“Narkoba adalah perusak jiwa dan raga manusia. Hindarilah dan juahilah,” tegas dia.

Adapun sebagai juara kedua terdiri dari dua orang yaitu Mayuna Malik  NI dari MAN 2 Kudus (nilai 707,2) dan Nugroho  Rasman Pangestu  dari MAN 1 Semarang (706,5) keduanya berhak atas hadiah uang Rp 5 Juta dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng. Juara ketiga ditempati oleh mahasiswi dari Undip Aisyah Chusnul Jurnalita  (700,5 ) dan berhak hadiah uang Rp 3 juta dari BNN Provinsi Jateng.

Sedangkan juara harapan satu yaitu Faizal Aditya Bagas dari Unnes( 694,5),  sebagai juara harapan dua adalah  Arina Nurrohmah dari UPGRIS (681,5), dan juara harapan ketiga sebanyak dua orang, yaitu M Dewangga pelajar SMAN 3 Semarang (674) dan Dikka Prasetyo dari SMKN 7 Semarang (674).

Para juara Audisi Duta Muda Antinarkoba Jateng di MAJT Semarang (14 /2/2018)

Wakil Ketua MUI Pusat Dr KH Shodiqun yang hadir saat grand final sangat mengapresiasi ajang audisi ini. Menurutnya, semua peserta tampil luar biasa, selain cerdas, mereka juga tangkas dan pengetahuan agama dan umum sekitar narkoba cukup luas. Dan tidak terlihat latar belakang pendidikan mereka, antara yang pelajar dan mahasiswa. “Ajang ini luar biasa. Sepatutnya, acara ini tidak hanya berlevel tingkat provinsi, namun tingkat nasional,” katanya.

Selanjutnya, dia berharap, ke depan para peserta audisi yang jumlahnya sebanyak 348 benar-benar bisa menjadi duta antinarkoba, setidaknya di lingkungan masing-masing, baik lingkungan pendidikan,lingkungan tempat tinggal, atau lingkungan bersosialisasi. “Mereka harus bisa memberikan pesan-pesan tentang larangan dan bahaya narkoba. Jika mampu melakukan itu, Insyaallah, lingkungan mereka akan aman dari narkoba,” ucapnya.

Sementara, Ketua MUI Jateng KH Achmad Darodji mengatakan, ajang audisi ini rencananya akan digelar setiap tahun. Sejumlah pihak, diantara Sekda Jateng, BNN Jateng, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Kemanag dan Dinas Pendidikan dan lembaga lainnya sudah mendukung rencana ini menjadi event tahunan.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan, sebagai upaya bersama untuk melawan narkoba,” katanya.

Sementara, Ketua Gerakan Nasional Antinarkotika (Ganas-Annar) MUI Jateng Multazam Achmad  mengatakan, untuk tahun ke depan akan dilakukan dengan target peserta lebih banyak. Untuk seleksi awal akan dilakukan di tingkat karesidenan. “Kalau seleksi awal dilakukan di tingkat karesidenan, maka jangkuan peserta lebih banyak. Hasil seleksi di tingkat keresidenan akan tampil di grand final yang digelar di Semarang,” ucapnya. (ZP03)

 

 

Susunan Pemenang

Juara Satu : Meina Tri Kurniasih (MAN Kendal) nilai 712

Juara Dua: Mayuna Malik  NI (MAN 2 Kudus) nilai 707,2

Juara Dua :Nugroho  Rasman Pangestu (MAN 1 Semarang) nilai 706,5

Jura Tiga: Aisyah Chusnul Jurnalita (Undip) nilai 700,5

 

Harapan 1. Faizal Aditya Bagas (Unnes)  nilai 694,5

Harapan 2. Arina Nurrohmah (UPGRIS) nilai 681,5

Harapan 3. M Dewangga (SMAN 3 Semarang) nilai 674

Harapan 3. Dikka Prasetyo (SMKN 7 Semarang)  nilai 674

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here