DPRD Jateng Dorong Kabupaten/Kota Lain Tiru Semarang Buat Spot Wisata Terbaik

SEMARANG- DPRD Provinsi Jawa Tengah mendorong kabupaten/kota lain dapat meniru Kota Semarang dalam mengembangkan spot-spot wisata terbaik.

Ketua DPRD Provinsi Jateng, Rukma Setyabudi mencontohkan, salah satu yang bisa ditiru daerah lainnya yakni keberadaan bridge fountain (air mancur menari di jembatan) di Banjir Kanal Barat yang baru saja dibuka saat tahun baru lalu itu.

Rukma menyebut, keberadaan air mancur itu sempat menjadi viral di media sosial sehingga menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Kota Semarang.

“Untuk ukuran Semarang, hal itu sudah sangat baik. Diharapkan, kabupaten/ kota lainnya bisa menirunya sehingga bisa menyedot animo wisatawan,” kata Rukma yang juga legislator dari PDI Perjuangan itu, Kamis (10/1).

Ia juga mengatakan wisatawan sekarang banyak yang berkunjung ke Semarang karena didukung pula dengan infrastruktur seperti jalan tol. Menurut dia jalan menuju Semarang sangat dimudahkan dengan adanya Tol Pemalang-Batang dan Tol Semarang-Solo.

“Sekarang akses sudah sangat cepat karena Tol Batang sudah terbangun. Untuk itu, infrastruktur tersebut sangat mendukung industri pariwisata di daerah,” ucapnya.

Ditambahkan, saat ini sektor kepariwisataan di tiap kabupaten/kota juga sudah maju, sehingga sangat membantu daerah dalam upaya pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jateng Heru Isnawan menambahkan, wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Jateng sekarang cukup banyak. Diakuinya, sebelumnya sektor kepariwisataan di Provinsi Jateng masih lesu karena minimnya objek wisata baru dan belum adanya jalan tol.

“Diakui, dahulu memang jumlah hotel tidak sebanding dengan jumlah wisatawan yang berkunjung. Namun, kondisi sekarang sudah cukup baik,” ungkap Heru. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here