TravelingDusun Semilir, Rekomendasi Wisata Kekinian Rayakan Libur Lebaran

Dusun Semilir, Rekomendasi Wisata Kekinian Rayakan Libur Lebaran

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Jawa Tengah kini memiliki satu destinasi wisata buatan yang bakal membuat decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Dari pinggir Jalan Raya Bawen Kabupaten Semarang arah Semarang-Solo-Jogja atau sebaliknya, ada penampakan tujuh stupa bangunan bakal membuat kepo para pelintas jalan raya tersebut.

Adalah Dusun Semilir, bangunan itu adalah destinasi wisata yang terintegrasi berkonsep ecopark, ada suasana sejuk alam, kuliner, budaya, dan tentunya spot selfie yang bakal pengunjung terhipnotis betah berlama-lama di situ.

Tempat itu juga lokasinya strategis, tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Atau dekat dengan exit Tol Semarang-Bawen, pengguna tol bisa menoleh arah ke kanan saat exit, sekira 300 meter akan ditemukan bangunan menjulang stupa raksasa.

Arsitektur tujuh stupa raksasa itu terbuat dari instalasi dengan facadenya besi kombinasi kaca. Di dalam stupa ada fasilitas lengkap, diantaranya area store craft & batik dinamai Warisan Indonesia dan store pusat jajanan oleh-oleh dengan nama Cemilan Indonesia.

Sekitar bangunan tujuh stupa juga tertata apik, area jalanan yang asri suasana pedesaan masih ditunjang dengan seni instalasi perpaduan konsep modern dan art.

Jika dilihat dari kejauhan sekeliling area maka akan didapat penampakan mirip sebuah cerita mitos Ilmuan Plato, sebuah dongeng Negeri Atlantis. Pasalnya, konsep modern dan art itu tembus pandang, ada ditengah suasana pegunungan mencerminkan sebuah peradaban modern yang menyatu dengan alam sekitar.

“Jauh dari hirupikuk perkotaan menjadi alasan tepat berkunjung di tempat ini. Sesuai dengan namanya Dusun Semilir artinya desa yang sejuk, akan membawa wisatawan menikmati alam pedesaan namun dengan fasilitas yang lengkap,” kata R. Ajie Wibowo, Marcomm Manager Dusun Semilir, Jumat (7/6/19).

Tujuh stupa itu, kata Ajie, terinspirasi dari stupa yang ada di Candi Borobudur, maka tak salah Dusun Semilir akan menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang ada di Jateng.

Di sekitar bangunan tujuh stupa ada tempat zona-zona kuliner. Zona tersebut diantaranya Gunungan Resto, Jembatan Senggol dan Sepoi Sepoi Foodcourt.

Paling asyik juga saat melintas di Jembatan Senggol, dengan lebar 10 meter dan panjang sekira 100 meter berkontur zig-zag akan dijumpai kuliner street food dengan kanan dan kiri aneka stan kuliner. Tentunya juga masih dengan arsitektur instalasi, terbuat dari bambu dan kayu sebagai atap facadenya.

“Wisatawan bisa jalan-jalan di jembatan itu dan akan tembus di dalam bangunan tujuh stupa, banyak spot selfie dengan suasana alam pedesaan,” katanya.

Lebih asyiknya lagi, saat berjalan-jalan di dalam stupa, banyak dijumpai tanaman asli yang masih hidup, ada juga pohon raksasa jenis Pule yang didiami ‘Peri Hutan’. Peri-peri itu merupakan talent yang turut sebagai guide pengunjung dan teman untuk berfoto selfie.

“Pohon-pohonnya semua asli dan hidup, ini yang semakin membuat suasana lebih sejuk dan berada terasa di pedesaan yang asri. Ada Peri Hutan yang bisa menjadi teman berfoto selfie,” jelasnya.

Dusun Semilir mempunyai luasan 14 hektar, area parkir juga sangat luas. Destinasi baru ini baru dibuka sekitar tiga Minggu yang lalu.

“Masih pengembangan, di dalam stupa akan ada lantai dua khusus restoran. Titik spot kunjungan juga akan ditambah di sekitar stupa. Untuk masuk pengunjung juga hanya dikenai Rp 5.000 per orang,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda