Ekonomi BisnisTelekomunikasiGempa Lombok, XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal

Gempa Lombok, XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal

-

- Advertisment -spot_img

Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, tim XL Axiata di lapangan juga telah menyiapkan bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana.

MATARAM- Pasca gempa 6,4 Skala Richter di Lombok, Minggu (29/7), jaringan dan layanan XL Axiata tetap normal. Pelanggan dan masyarakat tetap bisa mengakses layanan XL Axiata di seluruh Lombok, termasuk di lokasi-lokasi terdekat dengan pusat bencana. Meski demikian, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan oleh tim teknis di lapangan, antara lain untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tim XL Axiata di Lombok juga telah siap mengirimkan bantuan darurat untuk warga yang menjadi korban, berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat. Termasuk dalam paket bantuan ini adalah penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis.

Vice Presiden XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim mengatakan, meskipun gempa yang terjadi kemarin cukup kuat di area yang luas, lebih dari 2200 unit BTS XL Axiata di Lombok tetap normal dan beroperasi melayani pelanggan, termasuk BTS yang berada di lokasi paling terdampak bencana yaitu di Kab. Lombok Timur dan sebagian Kab. Lombok Utara.

“Kami juga telah melakukan cek atas semua menara dan perangkat BTS di area bencana, antara lain di desa-desa kaki Gunung Rinjani, seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen, dan Senaru. Semuanya dalam kondisi baik,” kata Mochamad Imam Mualim, Senin (30/7).

Mochamad Imam Mualim menambahkan, mengingat layanan telekomunikasi dan akses internet menjadi sangat penting bagi penanggulangan bencana, untuk memastikan jaringan dan layanan XL Axiata tetap terjaga, maka tim teknis telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Langkah-langkah tersebut antara lain berupa menyiapkan backup genset portable, memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar. Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus. Selain itu, tim teknis juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat atau bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan.

Di wilayah Lombok Timur, XL Axiata memiliki sekitar 720 BTS, sebanyak lebih dari 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan  790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.

Salurkan bantuan

Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, tim XL Axiata di lapangan juga telah menyiapkan bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Tim XL Axiata segera akan menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Pada tahap awal, bantuan akan berupa bahan makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal, dan tenda. Bantuan lain berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat tersebut akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan.

Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait. Lokasi penyaluran bantuan akan dipioritaskan melalui posko bantuan yang dibuat pemerintah daerah. Antara lain di wilayah Lombok Utara, yaitu Desa Sambik Elen dan  Dusun Loloan. Sementara itu di Kab. Lombok Timur ke Posko di Kecamatan Sembalun dan Sambelia. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda