spot_img
Ekonomi BisnisGencarkan Uji Kompetensi Wartawan, PWI Jateng Ajak Bank Indonesia...

Gencarkan Uji Kompetensi Wartawan, PWI Jateng Ajak Bank Indonesia Bersinergi

-

- Advertisment -spot_img
Ketua PWI Jateng Amir Machmud beserta pengurus lainnya berfoto bersama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra disela audiensi di kantor Bank Indonesia. (foto:ist)

SEMARANG, ZONAPASAR.COM – PWI Provinsi Jawa Tengah mengajak Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah untuk bersinergi dalam berbagai program kegiatan menyangkut peningkatan kualitas SDM wartawan.

Salah satu program tersebut adalah penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang menjadi program utama Bidang Pendidikan PWI Jateng.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS mengatakan, PWI Jateng sering menyelenggarakan UKW bekerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan PT Semen Gresik, SKK Migas Jabanusa, Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dan Dewan Pers.

“Dalam uji kompetensi wartawan itu juga bisa diisi semacam workshop bagi wartawan tentang tugas-tugas Bank Indonesia,” imbuh Amir Machmud saat audiensi ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rabu (12/10).

Bersamaan dengan ini, lanjut Amir, PWI Jateng juga mengajak Bank Indonesia Perwakilan Semarang untuk ikut serta dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah, salah satunya seminar UMKM.

“Peringatan HPN 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dipusatkan di Semarang, monggo silahkan Bank Indonesia bisa ikut juga dalam kegiatan seperti salah satunya ada seminar tentang UMKM,” terangnya.

Dikatakan, HPN 2023 di Jawa Tengah mengambil tema Goes to Campus, yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti dialog empat rektor, dialog pers edukatif menuju tahun politik 2024, seminar UMKM, dialog kebangsaan dan kegiatan lainnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud memberikan kenang-kenangan kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra disela audiensi, Rabu (12/10) kemarin. (foto:ist)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menyambut baik audiensi yang dilakukan PWI Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, media memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, salah satunya dalam pengendalian inflasi. “Kaitannya dengan inflasi yang, media memiliki peran dalam mengarahkan opini publik atau masyarakat melalui pemberitaan,” tuturnya.

Inflasi selalu dipengaruhi oleh terjadinya lonjakan harga berbagai komoditas pangan. Media dinilai berperan besar dalam mempengaruhi opini masyarakat agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan sehingga inflasi bisa lebih terjaga.

Selain itu media juga ikut berperan dalam menjaga ekspektasi masyarakat yang positif terhadap perekonomian ke depan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Firdauz Muttaqin menambakan, setiap tahun Bank Indonesia di daerah ada program pelatihan terhadap wartawan yang biasa bertugas melakukan liputan kegiatan Bank Indonesia. “Nanti kita lihat untuk program pelatihan wartawan ini disinergikan ke dalam program uji kompetensi wartawan,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap Bank Indonesia nantinya bisa bersinergi dalam kegiatan HPN 2023 untuk pemberdayaan UMKM di Jawa Tengah. (alkomari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PGN Mulai Program Jaringan Gas Bumi 2023 di Kota Yogyakarta dan Sleman

YOGYAKARTA – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina sudah mulai melaksanakan perluasan jaringan gas rumah tangga (jargas) di...

Festival Vokasi Satu Hati Diikuti 63 SMK Binaan Honda Jateng

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Setelah diumumkan secara nasional pada 17 Januari kemarin, saatnya Jawa Tengah memulai pula program Festival Vokasi Satu...

Edukasi Safety Riding Pelajar Sekolah dari Astra Motor Jateng

ZONAPASAR.COM, KENDAL – Edukasi keselamatan berkendara tidak boleh dilewatkan bagi semua kalangan termasuk generasi muda atau para pelajar SMA/SMK yang...

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574, JNE berbagi kebahagiaan dengan semua pelanggan setianya. Agar aktifitas pengiriman...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KAI Daop 4 Semarang Gelar Atraksi Barongsai Di Stasiun Semarang Tawang

ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar...

PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik Porseni NU Nasional 2023

ZONAPASAR.COM, SURAKARTA - PLN berhasil menyukseskan kemeriahan gelaran Porseni Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2023 di Surakarta, dengan keandalan pasokan listrik...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda