Ekonomi BisnisHarga Bawang Merah Hingga Tiket Pesawat Bawa Jateng Inflasi...

Harga Bawang Merah Hingga Tiket Pesawat Bawa Jateng Inflasi 0,30%

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (1/4/19)/Zikan.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat pada bulan Maret 2019 di Jawa Tengah terjadi inflasi sebesar 0,30%. Inflasi tersebut utamanya dipicu kenaikan harga bawang merah, bawang putih hingga tiket pesawat terbang.

Adapun bawang merah memberi andil terhadap inflasi sebesar 0,13%, bawang putih 0,10%, tiket angkutan udara 0,02%.

Selain ketiga komoditas tersebut, terdapat jenis komoditas lain yang membawa inflasi yakni nangka muda menyumbang sebesar 0,02%, mobil 0,01%, upah pembantu rumah tangga 0,01%, pemeliharaan/service 0,01%, susu untuk balita 0,01%, gula pasir 0,01% dan pepaya sebesar 0,01%.

“Penyebab inflasi Jateng Maret 2019 utamanya karena naiknya harga bawang merah, bawang putih, angkutan udara, nangka muda dan mobil,” kata Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono, Senin (1/4/19).

Dikatakan, kenaikan harga bawang tersebut dipicu minimnya stok bawang merah maupun putih di pasaran karena curah hujan yang tinggi dan saat ini sudah masuk masa tanam, sehingga produksinya menurun.

Sementara, kata dia, tiket angkutan udara di bulan Februari memang turun, sehingga indeks harga lebih rendah. Namun di bulan Maret 2019 harga tiket pesawat kembali normal, sehingga dibandingkan bulan lalu tersebut terjadi kenaikan.

“Meski terjadi inflasi terdapat kelompok komoditas lain yang menahan laju inflasi yakni penurunan harga beras, bensin, daging ayam ras, jeruk dan cabai rawit,” jelasnya.

Dijelaskan, inflasi yang terjadi di bulan Maret 2019 tersebut lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya atau Februari 2019 yang justru mengalami deflasi sebesar 0,30% dengan IHK sebesar 132,93.

Ditambahkan, inflasi pada bulan Maret 2019 tersebut terjadi di enam kota SBH di Jawa Tengah. Kota Semarang mengalami inflasi tertinggi yaitu sebesar 0,34% dengan IHK sebesar 132,95, diikuti inflasi Kota Cilacap sebesar 0,32% dengan IHK sebesar 138,27, Kota Surakarta sebesar 0,29% dengan IHK sebesar 130,05.

“Kemudian disusul Kota Kudus inflasi sebesar 0,23% dengan IHK sebesar 141,29, Kota Tegal sebesar 0,20% dengan IHK sebesar 131,44, dan inflasi terendah terjadi di Kota Purwokerto sebesar 0,19% dengan IHK sebesar 131,99,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BlibliMart GoLocal Joglosemar Penuhi Kebutuhan Belanja Ramadan Jateng Dan DIY

JAKARTA – BlibliMart, kategori groceries di e-commerce lokal terdepan Blibli, memperkuat dukungannya terhadap pasar ritel Jawa Tengah di Ramadan dan Idul Fitri...

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda