Indofood Bantu Pembiayaan Riset Pangan Mahasiswa

Semarang – Indofood mengurkan dana bantuan riset, kepada mahasiswa S1 yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikanya. Bantuan riset tersebut diberikan untuk menumbuhkan minat riset pada kalangan anak muda.

Bantuan riset dalam program yang diberi nama Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2019/2020 ini mengambil tema pengembangan sistem pangan berkelanjutan berbasis potensi dan kearifan lokal untuk peningkatan kesehatan, kecerdasan dan prestasi bangsa.
Untuk mensosialisasikan program ini, digelar roadshow di beberapa universitas di tanah air diantaranya, Institut Teknologi Bandung untuk wilayah Bandung dan Jawa Barat, Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk wilayah Semarang dan Jawa Tengah, serta Universitas Trunojoyo untuk wilayah Madura dan Jatim. Selain itu juga dilaksanakan di Universitas Palangkaraya, Kalimantasn Tengah dan Tadulako Palu.
Branch Manager Indofood Sukses Makmur Noodle Division Devi Permana mengatakan, sumber pangan yang dimiliki Indonesia sangat beragam. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, maka perlu adanya riset atau penelitian untuk menggali potensi tersebut.
“Kami (Indofood) secara konsisten untuk terus berupaya menumbuhkan minat riset di kalangan generasi muda.Kami menyakini riset adalah salah satu instrument penting untuk mengatasi mengatasi permasalahan-permasalahan dan mendapatkan inovasi yang berguna bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya saat melakukan roadshow di Universitas Negeri Semarang, Kamis (11/4).
Prof Budi Prasetyo ketua tim pakar IRN menyatakan, objek penelitian adalah sumber pangan lokal berasal dari darat atau laut seperti aneka pangan sumber karbohidrat dan lainnya. “Adapun untuk bidang penelitian meliputi bidang produksi, teknologi pasca panen dan pengolahan, kesehatan, gizi serta bidang sosial ekonomi,” ujarnya.
Mahasiswa yang ingin mendapatkam beasiswa tersebut bisa mendaftarkan rencana penelitiannya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau dengan mengirim email Indofoodrisetnugraga@indofood.co.id. waktu pendaftaran dibuka mulai 8 April sampai 20 Juli 2019. “Syarat lain adalaj waktu penelitian tidak lebih dari setahun dan dilakukan di Indonesia,” imbuhnya.
Wakil dekan III FT Unnes Wirawan Sumbodo mengaku sangat mendukung program tersebut. Menurut dia, dengan adanya sosiaslisasi langsung ke kampus diharapakan akan semakin meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dan mahasiswi Unnes. “Tahun lalu sudah ada tapi belum begitu banyak pesertanya, mudah-mudahan tahun ini semakin banyak,” ujarnya.(zp/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here