PeristiwaIni Sebaran Pemudik Terbanyak ke Jawa Tengah

Ini Sebaran Pemudik Terbanyak ke Jawa Tengah

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Sebanyak 600 ribu perantau telah kembali ke Jawa Tengah. Hingga Selasa (21/4/2020) tercatat arus pemudik terbanyak ke Kabupaten Brebes, yakni 76.016 orang.

Selain Brebes, Kabupaten Banyumas, Pemalang, Kabupaten Tegal dan Wonogiri juga menjadi daerah yang paling banyak menerima pemudik.

“Ada lima daerah dengan pemudik paling besar di Jateng selama pandemi ini. Brebes disusul Banyumas (73.463 orang), Pemalang (58.517 orang), Kabupaten Tegal (48.826 orang), dan Wonogiri (43.100 orang),” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Rabu (22/4/2020).

Semua pemudik yang pulang ke Jateng telah didata oleh pemerintah daerah setempat. Semuanya juga mendapatkan penanganan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Tidak hanya di kabupaten/ kota, namun di desa-desa juga mereka (pemudik) itu didata. Jadi, semua siap dengan kondisi ini,” ujarnya.

Dilihat dari kurvanya, jumlah pemudik dari kota-kota besar ke desa-desa Jateng terus menurun.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Jawa Tengah, fluktuasi pemudik yang menggunakan bus terus menurun tiap harinya. Begitu pula dengan moda transportasi lain seperti pesawat dan kereta api. Kapal laut sempat meningkat, namun persentasenya sangat kecil.

“Secara keseluruhan, pemudik yang pulang menggunakan transportasi umum terus menurun. Kurvanya sudah mulai melandai, kami harap kondisinya akan seperti ini terus agar pencegahan penularan covid-19 dapat berhasil,” imbuh Ganjar.

Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada para pekerja Jateng yang ada di kota-kota besar untuk tidak mudik. Apalagi saat ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan yang masih stay di daerah-daerah perantauan, tetap bertahan dan tidak mudik. Kami akan terus melakukan pendataan agar mereka yang tidak mudik benar-benar terjamin. Kami berharap semua berjuang untuk memutus penyebaran Covid-19 ini,” tutupnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BMW Astra Roadshow Berikan Penawaran Khusus di Sepuluh Kota

JAKARTA - Sambut bulan Ramadan, BMW Astra berikan berbagai penawaran khusus selama 23 - 25 April 2021 di sepuluh...

XL Axiata Tebar Dividen Rp 339,4 Miliar

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada hari ini, Jumat (23/4) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan...

BPOM Sidak Pasar Tradisional di Banyumas

PURWOKERTO- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Banyumas, Kamis (22/4/2021) mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai pasar tradisional...

Kanwil DJP Jawa Tengah I Optimis Capai Target

SEMARANG - Pada masa new normal, Kanwil DJP Jawa Tengah I mencatat kinerja penerimaan pajak yang relatif menggembirakan....
- Advertisement -spot_imgspot_img

Sambut Lebaran, Bisnis Elektronik Makin Bergairah

*Global Elektronik Gelar Pameran SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan positif pada kuartal III-2021 mendatang. Hal ini dapat dicermati...

Gmedia Hadirkan Geisler Play Home Karaoke

PT. Media Sarana Data (Gmedia) merupakan perusahaan berkembang yang bergerak dibidang teknologi informasi, tidak berhenti untuk terus berinovasi dengan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda