Jateng Jadikan Lima Kawasan Industri untuk Percontohan Daerah

Kapala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Jateng, Arif Djatmiko saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (22/11/19).

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menetapkan lima kawasan industri untuk menjadi percontohan bagi pemerintah kabupaten/kota lain.

“Ada lima kawasan yang didorong menjadi kawasan percontohan yakni Brebes, Semarang, Kendal, Demak, Cilacap, dan Kebumen,” ujar Kapala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Jateng, Arif Djatmiko, Senin (25/11/19).

Dikatakan, kawasan-kawasan industri di bawah Provinsi tersebut kesemuanya dikembangkan sebagaimana Perda nomor 16 tahun 2019. Di mana pengembangan kawasan industri akan diarahkan kepada bentuk kawasan yang tidak merusak lingkungan.

“Pengembangan kawasan industri harus sudah ada AMDAL, kajiannya seperti apa, kemudian konsep pengelolaan limbahnya di manfaatkan, harus dikelola Kembali,” katanya.

Ia mencontohkan, di Kawasan Industri Kendal saat ini sudah berhasil mengurangi dampak limbah pabrik, sehingga dampak lingkungan dapat diminimalkan.

Dia menjelaskan, adanya lima kawasan industri prioritas tersebut tidak mengurangi minat investor untuk menanamkan modalnya di Jateng.

Menurutnya, Jateng tetap menjadi primadona untuk investasi karena dukungan infrastruktur dan kondisi lingkungan yang aman.

“Pengembangan kawasan industri tidak mengurangi investasi, karena infrastruktur sudah mendukung, kedua indikator sumber daya sangat kompetitif dengan Jawa Barat UMR-nya,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here