Kemendag: Kenaikan Harga Bawang Merah Masih Wajar

Istimewa.

SEMARANG – Kementerian Perdagangan menyebutkan kenaikan harga bawang merah yang terjadi beberapa waktu belakangan masih dalam batas wajar.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan, harga bawang merah yang saat ini mencapai Rp 26 ribu – Rp 30 ribu per kilogram masih normal di bawah harga acuan yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 32 ribu per kilogram.

“Bawang merah sekarang harganya ada yang Rp 26 ribu hingga Rp 30 ribu, harga masih di bawah acuan. Harga acuan pemerintah ditetapkan Rp 32 ribu,” ujar Suhanto di Semarang, Kamis (5/12/19).

Dia menjelaskan, kenaikan harga bawang merah saat ini disebabkan karena pemerintah melakukan penyesuaian harga yang sebelumnya sempat anjlok.

Disebutnya, pemerintah menaikkan harga karena tidak ingin petani menjerit lantaran harga yang tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

“Kelihatannya memang naik, kenapa karena dua bulan lalu harganya sangat anjlok, kami tidak ingin petani menjerit. Sehingga pemerintah mendongkrak harga naik, sekarang mendekati harga acuan,” jelasnya.

“Kita juga tidak ingin petani bekerja capek-capek harga rendah. Adapun harga acauannya Rp 32 ribu itu sudah diperhitungkan keuntungan petani, pedagang, dan masyarakat juga agar tidak terlalu terbebani,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here