NasionalKoperasi Astra Berikan Beasiswa ke 35.024 Anak, Hingga Tahun 2018

Koperasi Astra Berikan Beasiswa ke 35.024 Anak, Hingga Tahun 2018

-

- Advertisment -spot_img

Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International (KAI) Pongki Pamungkas (tengah) didampingi Ketua Pengawas KAI Herawati (kanan) memberikan beasiswa KAI secara simbolis kepada perwakilan siswa berprestasi, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (29/9).

JAKARTA- Di tengah pengembangan koperasi di Indonesia yang kini banyak menghadapi berbagai tantangan, Koperasi Astra International terus berkomitmen dalam memberikan kontribusinya kepada bangsa melalui perluasan jangkauan penyaluran beasiswa.

Dengan mengusung tema KAI Cerdas untuk Bangsa, Koperasi Astra hingga tahun 2018 ini telah memberikan total beasiswasebesar Rp 53,9 miliar kepada 35.024 anakdari para anggota yang tersebar ke 21 provinsi di Indonesia.

Melalui perluasan jangkauan ini, Koperasi Astra berharap dapat mendorong pengembangan koperasi di Indonesia, sehingga secara tidak langsung dapatberkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menunjukkan jumlah koperasi di Indonesia yang kini aktif mencapai 152.714  koperasi, berkurang dari 212.570 koperasi. Meski begitu, kontribusi koperasi secara keseluruhan terhadap PDB naik menjadi 4,48% pada kuartal III tahun 2017 dari 3,99% pada periode yang sama tahun 2016 dan 1,71% pada tahun 2014.

Semakin meningkatnya kontribusi koperasi terhadap PDB Indonesia sejalan dengan tren di luar negeri. Secara umum dapat dikatakan setiap dua orang penduduk di negara-negara barat, satu di antaranya adalah anggota koperasi. Bahkan di Italia, setiap tiga penduduk, dua di antaranya anggota koperasi.

Koperasi Astra International yang telah berdiri sejak tahun 1990 merupakan koperasi primer nasional dengan anggota sebanyak 82.584 per Agustus 2018 tumbuh 18,05% dari 69.954 anggota pada tahun 2014. Kini asetnya mencapai Rp 1,16  triliun per Agustus 2018, meningkatdari Rp 704,8 miliar pada tahun 2014. Jumlah pinjaman yang disalurkan kepada anggota mencapai Rp 478,9 miliar pada tahun 2017 dibandingkan dengan Rp 323,5 miliar pada tahun 2014.

Manfaatkan Teknologi Online

Tahun ini Koperasi Astra kembali memberikan beasiswa kepada anak-anak karyawan Grup Astra. Menjadi kebanggaan tersendiri karena tahun ini proses pendaftaran dan seleksi telah mulai dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi online sehingga penerima beasiswa lebih merata dan menjangkau 21 provinsi.

Beasiswa 2018 diberikan kepada 4.300 siswa, meningkat 7,5% dibandingkanpenerima beasiswa tahun lalu yaitu 4.000 siswa dan tumbuh dari 2.548 siswa pada tahun 2012. Jumlah dana yang disalurkan untuk beasiswa pada tahun ini sebesar Rp7,6 miliar meningkat 19,6% dari alokasi dana beasiswa tahun lalu yaitu Rp6,4 miliar.

Program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak dalam mengukir prestasi yang lebih baik lagi dalam menggapai cita-citanya. Di samping itu, para orang tua penerima beasiswa diharapkan dapat selalu membimbing putera-puterinya agar terus berprestasi memajukan bangsa.

Pada dasarnya, di manapun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat untuk sekitarnya, sejalan dengan filosofi perusahaan Astra, butir pertama Catur Dharma, Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pertamina Dex dan Dexlite, Idola Baru Pengguna Mesin Diesel

SEMARANG – Sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, Dexlite dan Pertamina Dex menjadi bahan bakar minyak (BBM) favorit bagi para...

Hotel Santika Pekalongan dapatkan Score Memuaskan dalam surveilen II

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel yang terletak di Kota Pekalongan. Lokasi yang tepat berada di...

BCA Resmikan Gedung Halo BCA Semarang

SEMARANG– Konsistensi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam menghadirkan service excellence terus ditingkatkan melalui berbagai inisiatif secara nasional....

Smartfren dan Moratel Hadirkan Layanan Internet True QuadPlay

JAKARTA – Smartfren bersinergi dengan Moratel menghadirkan produk terbaru bernama True QuadPlay sebagai layanan internet untuk gaya hidup digital...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pembelian Tiket KA untuk Keberangkatan Mulai 26 Oktober Wajib Gunakan NIK

SEMARANG - Calon pelanggan yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan mulai 26 Oktober 2021 wajib...

Marimas dan Pemkot Semarang Bangun Taman Parkour di Lamper Tengah

SEMARANG - Dalam upaya mendukung Program Pemerintah Kota Semarang meningkatkan Ruang Terbuka Hijau, PT. Marimas Putera Kencana turut terlibat...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda