Ekonomi BisnisKudo Bagikan Kisah Perjalanan Perusahaan Selama Lima Tahun Berdiri

Kudo Bagikan Kisah Perjalanan Perusahaan Selama Lima Tahun Berdiri

-

- Advertisment -spot_img
CEO & Co-Founder Kudo, Agung Nugroho (kiri) bersama salah satu agen Kudo, Dahlan berbagi cerita mengenai manfaat Kudo bagi perkembangan warung yang dirasakan oleh Dahlan sebagai agen Kudo.

JAKARTA – Kudo hadir sebagai sebuah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia. Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari bisa berjualan apa saja termasuk pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa stok barang grosir untuk warung lewat aplikasi, bisa kirim dan setor uang hingga menawarkan berbagai layanan keuangan digital, serta bisa membantu tetangga menjadi pengemudi Grab.

Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo menjelaskan, selama lima tahun terakhir, Kudo telah mencatat pencapaian yang cukup pesat untuk memajukan warung tradisional hingga ke pelosok negeri. Saat ini, Kudo telah berhasil memberdayakan lebih dari 2 juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kedepannya melalui gerakan #MajuinWarung kami berkomitmen untuk dapat memberikan akses digital kepada lebih banyak warung tradisional di tanah air serta melengkapi produk dalam aplikasi Kudo untuk membantu agar warung menjadi serba bisa melalui kerja sama dengan mitra strategis,” ujar Agung Nugroho, Kamis (27/6/19).

Saat ini, salah satu fokus Kudo adalah untuk memberikan layanan keuangan digital kepada masyarakat luas dengan keterbatasan akses digital dan perbankan. Dengan layanan kirim uang melalui jaringan agen Kudo hasil kolaborasi dengan Bank BNI, Kudo ingin memberi manfaat bagi para pemilik warung yang adalah agen Kudo dan para pelanggannya untuk kirim uang tanpa perlu datang ke bank.

“Sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, kami terus berfokus untuk menjangkau lebih banyak warung tradisional. Dalam periode tersebut, Kudo mencatat pertumbuhan agen yang signifikan yakni lebih dari 44% dari tahun sebelumnya dengan pertumbuhan paling pesat terjadi di 5 provinsi: Aceh, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Sumatera Barat. Dari segi jumlah transaksi, Kudo mencatat pertumbuhan yang signifikan sebesar 132%,” tambahnya.

Salah satu keunggulan Kudo yang sangat memudahkan warung tradisional adalah layanan belanja stok jualan warung (grosir). Lewat layanan grosir di aplikasi Kudo, agen dapat berbelanja stok barang dengan harga bersaing, jumlah SKU yang lebih beragam, serta bisa bayar di tempat atau cash on delivery (COD) tanpa batas maksimal transaksi.

Hal ini tentunya memudahkan pemilik warung, karena mereka dapat menghemat waktu berbelanja stok warung tanpa harus menutup warung untuk sementara waktu. Selain itu, agen Kudo bisa menerima barang yang dipesan dalam waktu yang sangat cepat, pesan hari ini dan besok langsung sampai.

Kudo juga memiliki tim yang berperan sebagai konsultan warung yang secara berkala akan memberikan informasi yang bisa membantu warung untuk meningkatkan usahanya. Layanan grosir kini sudah tersedia di lebih dari 20 kota dan kabupaten di Indonesia.

Tren Transaksi Pelanggan dan Agen Kudo selama Ramadan 2019

Selama Ramadan 2019, Kudo mencatat beberapa tren transaksi di aplikasi Kudo. Kudo menemukan bahwa transaksi terbanyak melalui agen Kudo dilakukan pukul 6-8 malam, yaitu sebelum dan sesudah waktu berbuka puasa. Dalam kurun waktu yang sama, produk dan layanan yang paling banyak diakses adalah pulsa, utilitas, kirim uang, produk supermarket, kupon dan voucher.

“Bertepatan dengan momentum Ramadan, layanan kirim uang yang baru diperkenalkan pada bulan Mei 2019 ternyata menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan. Puncak transaksi kirim uang paling terjadi pada tanggal 28-31 Mei 2019, dan Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah transaksi kirim uang terbesar di Indonesia. Dengan adanya layanan kirim uang ini, kami senang dapat membantu masyarakat yang belum terjangkau akses keuangan dan perbankan di daerah untuk mengirim THR ke keluarga dan kerabat di momen spesial. Kedepannya, kami akan terus berusaha menghadirkan produk dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda