Lewat PKBL, PLN Sukses Bangkitkan Usaha Rumah Wisata Kedelai...

Lewat PKBL, PLN Sukses Bangkitkan Usaha Rumah Wisata Kedelai di Salatiga

-

- Advertisment -spot_img

Eko Susilo (54), Pemilik Rumah Wisata Kedelai Salatiga, saat menerima kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, Sabtu (27/1).

SALATIGA– PLN melalui program PKBL telah terbukti sukses membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Salah satunya yang terjadi di Rumah Wisata Kedelai, Jl. Argomas Timur No. 31 Salatiga.

Usaha yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman sehat berbahan dasar kedelai ini telah sukses mandiri setelah mengalami masa keterpurukan.

Melalui siaran pers yang dikirim PLN kepada www.zonapasar.com, Eko Susilo (54), Pemilik Rumah Wisata Kedelai Sehati mengaku, usaha yang dirintisnya sejak 2006 sempat mengalami jatuh bangun. Keterbatasan alat produksi pun menjadi salah satu kendala usahanya untuk berkembang.

“Saat itu ada kendala di proses produksi yang memakan waktu lama. Belum lagi hasil produksi cepat rusak (tengik), sehingga banyak merugi,” katanya, disela kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, Sabtu (27/1).

Berbagai inovasi peralatan produksi pun dilakukan Eko dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Hanya saja, saat itu terkendala dana untuk membuat peralatan.

“Beruntung pada tahun 2010 PLN datang menawarkan bantuan permodalan bagi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaan PLN, sehingga usaha kami bisa bangkit dan berkembang hingga saat ini,” ujarnya.

Kini, Rumah Wisata Kedelai sudah memiliki banyak varian produk, mulai dari kedelai goreng rendah lemak dengan berbagai varian rasa (Bawang, keju, vegetarian), satru kedelai, serbuk beras merah, beras hitam, kacang hijau, bahkan perpaduan serbuk dengan gula merah organik menjadi jus hangat beras merah, beras hitam, dan kacang hijau. Adapun pemasarannya sudah meluas sampai ke Bali.

Indriani Widiastuti, Tim Kementerian BUMN dalam kunjungannya mengapresiasi upaya PLN dalam membangkitkan usaha kecil. Selain itu, pihaknya juga turut mendorong pelaku UKM untuk bisa terus berinovasi mengembangkan produknya.

“Sangat menarik semua proses produksi dilakukan dengan alat – alat yang merupakan modifikasi dan inovasi sendiri yang mendapat dukungan dana dari PLN di tahun 2010. Semoga usahanya bisa terus dikembangkan,” ungkap Indriani.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Senior CSR  PLN Pusat, Zubaidah menyampaikan, bantuan PLN tak hanya sekedar pada permodalan saja. Namun, dengan melihat perkembangan usaha, selanjutnya PLN akan turut mendorong Rumah Wisata Kedelai untuk menyertifikasi produk-produknya ke Balai POM.

“PLN akan terus mendukung dan mendampingi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaannya dalam hal Sertifikasi dari Balai POM untuk produk – produk yang belum tersertifikasi,” tegasnya.

Sementara itu, kunjungan kerja tim Kementerian BUMN di Mitra Binaan PLN di Rumah Wisata Kedelai Salatiga didampingi pula oleh Hardian Saksi Laksana, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, dan Asistan Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Unit Layanan Salatiga, Ary Priyatna.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda