Lewat PKBL, PLN Sukses Bangkitkan Usaha Rumah Wisata Kedelai...

Lewat PKBL, PLN Sukses Bangkitkan Usaha Rumah Wisata Kedelai di Salatiga

-

- Advertisment -spot_img

Eko Susilo (54), Pemilik Rumah Wisata Kedelai Salatiga, saat menerima kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, Sabtu (27/1).

SALATIGA– PLN melalui program PKBL telah terbukti sukses membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Salah satunya yang terjadi di Rumah Wisata Kedelai, Jl. Argomas Timur No. 31 Salatiga.

Usaha yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman sehat berbahan dasar kedelai ini telah sukses mandiri setelah mengalami masa keterpurukan.

Melalui siaran pers yang dikirim PLN kepada www.zonapasar.com, Eko Susilo (54), Pemilik Rumah Wisata Kedelai Sehati mengaku, usaha yang dirintisnya sejak 2006 sempat mengalami jatuh bangun. Keterbatasan alat produksi pun menjadi salah satu kendala usahanya untuk berkembang.

“Saat itu ada kendala di proses produksi yang memakan waktu lama. Belum lagi hasil produksi cepat rusak (tengik), sehingga banyak merugi,” katanya, disela kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, Sabtu (27/1).

Berbagai inovasi peralatan produksi pun dilakukan Eko dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Hanya saja, saat itu terkendala dana untuk membuat peralatan.

“Beruntung pada tahun 2010 PLN datang menawarkan bantuan permodalan bagi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaan PLN, sehingga usaha kami bisa bangkit dan berkembang hingga saat ini,” ujarnya.

Kini, Rumah Wisata Kedelai sudah memiliki banyak varian produk, mulai dari kedelai goreng rendah lemak dengan berbagai varian rasa (Bawang, keju, vegetarian), satru kedelai, serbuk beras merah, beras hitam, kacang hijau, bahkan perpaduan serbuk dengan gula merah organik menjadi jus hangat beras merah, beras hitam, dan kacang hijau. Adapun pemasarannya sudah meluas sampai ke Bali.

Indriani Widiastuti, Tim Kementerian BUMN dalam kunjungannya mengapresiasi upaya PLN dalam membangkitkan usaha kecil. Selain itu, pihaknya juga turut mendorong pelaku UKM untuk bisa terus berinovasi mengembangkan produknya.

“Sangat menarik semua proses produksi dilakukan dengan alat – alat yang merupakan modifikasi dan inovasi sendiri yang mendapat dukungan dana dari PLN di tahun 2010. Semoga usahanya bisa terus dikembangkan,” ungkap Indriani.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Senior CSR  PLN Pusat, Zubaidah menyampaikan, bantuan PLN tak hanya sekedar pada permodalan saja. Namun, dengan melihat perkembangan usaha, selanjutnya PLN akan turut mendorong Rumah Wisata Kedelai untuk menyertifikasi produk-produknya ke Balai POM.

“PLN akan terus mendukung dan mendampingi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaannya dalam hal Sertifikasi dari Balai POM untuk produk – produk yang belum tersertifikasi,” tegasnya.

Sementara itu, kunjungan kerja tim Kementerian BUMN di Mitra Binaan PLN di Rumah Wisata Kedelai Salatiga didampingi pula oleh Hardian Saksi Laksana, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, dan Asistan Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Unit Layanan Salatiga, Ary Priyatna.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda