LOKET Ajak Kaum Muda Kreatif Promosikan Wisata Makassar Lewat Event

MAKASSAR – Tak hanya sebagai kota metropolitan terbesar di timur Indonesia, Makassar juga dikenal dengan potensi wisatanya yang melimpah. Sebut saja Pantai Losari, Pantai Akkarena, Pulau Lae-Lae, dan Fort Rotterdam. Tidak hanya itu, event-event festival di Makassar bahkan masuk dalam prioritas agenda Kementerian Pariwisata, seperti Eight Festival (F8), selain beberapa festival besar lainnya, seperti Festival Bahari, Pasar Seni Wisata Makassar, dan Makassar Culinary Night.

Positifnya pertumbuhan event di Makassar juga tercermin dalam data internal LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia. Sejak diluncurkannya platform unggulan Loket.com di pertengahan 2018 lalu, pertumbuhan event di Makassar yang bekerja sama dengan Loket.com menunjukkan kenaikan secara signifikan hingga 75%. Kategori eventterbanyak didominasi oleh workshop, festival general, dan kegiatan lainnya. Selain itu, sepanjang 2018 tercatat pertumbuhan event tertinggi terlihat di bulan Juli, September, dan Desember.

Melihat laju pertumbuhan event di Makassar, Rama Adrian – VP Consumer Solutions LOKET berkata, “Makassar menyimpan banyak potensi pariwisata yang sangat dapat dioptimalkan dengan promosi yang dilakukan melalui penyelenggaraan event. Sayang sekali, masih banyak yang berasumsi bahwa menyelenggarakan event sulit dan membutuhkan manajemen yang rumit, terutama berkaitan dengan distribusi tiket, sistem pembayaran. Belum lagi kekhawatiran minimnya kehadiran peserta, dan lain sebagainya,” katanya, Rabu (31/7/19).

Menjawab semua permasalahan tersebut, LOKET meluncurkan sebuah inovasi teknologi yang dapat membantu para event creator dalam memaksimalkan penyelenggaraan event mereka melalui sebuah platform unggulan Loket.com. Tercatat platform Loket.com telah berhasil menumbuhkan lebih dari 4.000 event creator baru dengan penyelenggaraan lebih dari 5.000 event di seluruh Indonesia selama kurun waktu setengah tahun sejak diluncurkan di tahun 2018.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, LOKET meyakini bahwa teknologi adalah milik semua kalangan dan siapapun bisa mendapatkan pengalaman mengelola eventterbaik lewat teknologi, tanpa memandang skala event mereka. “Ini yang kami wujudkan melalui platform Loket.com,” tambahnya.

Selain itu, penyelenggaraan event dapat menjadi salah satu alat promosi wisata daerah yang memiliki dampak berantai terhadap roda perekonomian. Salah satunya dapat terlihat dari jumlah pengunjung event yang tidak hanya terdiri dari masyarakat setempat, tetapi juga dari daerah lain. Belum lagi dampak pertumbuhan ekonomi dari sisi akomodasi, makanan dan minuman, serta merchandise resmi yang dijual dalam penyelenggaraan event-eventtertentu.

Loket.com mengusung konsep self-service, yakni konsep inovatif LOKET untuk membantu para event creator dalam mengelola event mereka secara mandiri.

Jojo Trijoko, Marketing Manager Loket.com mengungkapkan, “Kuncinya terdapat di kemudahan dan teknologi, baik dalam perencanaan maupun pengelolaan event. Fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung, dibuat secara sistematis, mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, hingga analisis data akurat untuk mengoptimalkan gelaran event berikutnya,” ucapnya.

Aldy Dimas – Event Creator Makassar yang baru-baru ini mengadakan konser musik Authentic Moment with Danilla Riyadi di Makassar turut mengamini kemudahan teknologi LOKET. “Data merupakan  poin utama kami, para event creator, dalam mengukur kesuksesan event. Selain itu, data merupakan modal penyelenggaraan event berikutnya. Biasanya kami memperoleh data secara manual. Selain tidak rapi, agak susah menganalisisnya. Kini semua dapat teratasi dengan Loket.com. Teknologinya sangat mudah digunakan. Hingga saat ini, sudah tiga ajang konser musik yang kami buat dengan bantuan Loket.com, termasuk acara terakhir kami pada April lalu, dengan tiket yang habis terjual dalam waktu relatif cepat,” jelasnya.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, LOKET terus mengembangkan inovasi untuk memberikan kemudahan serta pengalaman terbaik bagi event creator maupun konsumen. Untuk pertama kalinya, para event creator dapat mempromosikan event mereka ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Program (LDP), salah satunya GoTix, baik yang tersedia di aplikasi Gojek dan laman go-tix.id, yang kini dikelola oleh LOKET.

Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GoPay, untuk memastikan proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu singkat, yaitu kurang dari satu menit.

“Potensi pariwisata Makassar, insan-insan kreatif, dan terutama dukungan positif pemerintah sangatlah strategis bagi inisiatif kami mengenalkan layanan Loket.com. Kami optimis teknologi platform ini dapat diterima dengan baik dan diharapkan dapat menumbuhkan banyak para event creator baru yang turut membantu ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat melalui berbagai kegiatan atau event yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar,” tutupnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here