UmumPendidikanMahasiswa KKN UIN Walisongo Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Ekobrik

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Ekobrik

-

- Advertisment -spot_img

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengumpulkan sampah botol plastik yang akan dijadikan ekobrik, Sabtu (25/1/20).

JEPARA – Mahasiswa UIN Walisongo yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara menginisiasi sisir pulau Bengkoang pada Sabtu (25/01/20).

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 07.00-13.30 WIB ini sangat mengasikan dan menguji adrenalin karena harus menyebrang dari pulau Karimunjawa sampai pulau Bengkoang. Perjalanan itu memakan waktu sekitar satu jam.

Di pulau Bengkoang tim KKN UIN menyusuri pulau bersama dengan pemuda desa Kemujan, guna mengambil sampah plastik yang banyak dan mengotori pantai. Hingga akhirnya mendapatkan sekitar lima belas kantong Trashbag penuh terisi botol plastik. Nantinya botol-botol plastik itu akan dimanfaatkan sebagai ekobrik untuk membuat kursi dan meja yang akan di tempatkan di alun-alun kampung Bugis dusun Batulawang.

Kegiatan ini di inisiasi oleh posko 76 KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) di dusun Batulawang Kelurahan Kemujan Kecamatan Karimunjawa kabupaten Jepara. Ekobrik menjadi salah satu program kerja yang ada di divisi lingkungan KKN posko 76.

Alasan mengagas program ini karena untuk meningkatkan kreativitas warga dan menggaet minat wisatawan, juga memanfaatkan sampah botol plastik yang cukup banyak di pulau Bengkoang, Kecamatan Karimunjawa.

Anwar, pemuda desa Batulawang menyatakan, warga dusun Batulawang Kelurahan Kemujan Kecamatan Karimunjawa, biasanya hanya memanfaatkan botol plastik untuk menanam rumput laut saja. Ditambah, sebelumnya, belum ada inisiatif memanfaatkan sampah untuk ekobrik.

“Biasanya warga di sini memanfaatkan sampah botol plastik untuk menanam rumput laut saja, tidak ada inisiatif lain untuk dibuat apapun” ungkapnya.

Sementara ketua pemuda desa Batulawang, Hamka, mengapresiasi kegiatan kelompok KKN MIT UIN Walisongo posko 76. Ia berharap bisa melanjutkan pembuatan ekobrik saat mahasiswa menyelesaikan masa KKN.

“Program kerjanya bagus dan cukup menginspirasi warga, harapannya nanti setelah mahasiswa selesai KKN, warga bisa melanjutkan pembuatan ekobrik” ujarnya.

Jajang Muhariyansah, koordinator divisi lingkungan posko 76 KKN MIT UIN Walisongo dusun Batulawang Kelurahan Kemujan Kecamatan Karimunjawa, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan, juga meningkatkan kreativitas masyarakat.

“Diakannya kegiatan ini sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dusun Batulawang akan pentingnya peduli lingkungan yang semakin hari semakin tercemar akan banyaknya sampah. Juga agar masyarakat bisa meningkatkan kreativitas memanfaatkan sampah” tuturnya.

Ia pun berharap, setelah diadakan kegiatan ini, masyarakat bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan sampah plastik sebagai media kreativitas warga.

“Semoga kedepannya warga akan lebih kreativitas dalam memanfaatkan sampah plastik yang ada di lingkungan nya masing-masing” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BSI Cetak Laba Bersih Rp 1,48 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) berhasil menorehkan kinerja impresif sepanjang semester I 2021 dengan membukukan laba...

PLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA- Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp6,6 triliun hingga semester I 2021. Berdasarkan...

Setahun Hadir di Bandung, Pengguna Internet Rumah “XL Home” Naik 200%

BANDUNG- Layanan internet fiber XL Home dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kini telah hadir di sebagian daerah...

Nikmati Promo Khusus dari Hotel Santika Pekalongan untuk Penerima Vaksin Covid-19

PEKALONGAN - Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait vaksinasi masyarakat Indonesia Hotel Santika Pekalongan memberikan promo khusus kepada para...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tim Siaga Bencana di Semarang Dilatih Membuat Eco Enzyme

SEMARANG - Meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid 19 di awal tahun 2021 ini, menjadi perhatian khusus Palang Merah Indonesia...

Sinergi Telkomsel dan Gojek, Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi

JAKARTA– Melanjutkan sinergi yang telah dibangun, Telkomsel dan Gojek kembali menghadirkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya untuk meningkatkan produktivitas...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda