Masjid Nusantara Bangun Masjid  Ramah Gempa di Lombok

LOMBOK– Masjid Nusantara membangun masjid ramah gempa yang diberi nama Masjid Taman Surga Al-Bayani di Lombok. Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama di Gondang, Lombok Utara pada Kamis (13/9).

“Masjid Nusantara telah menyiapkan desain kontruksi untuk masjid ramah gempa. Desain ini dibuat untuk memberikan rasa aman terhadap psikis umat muslim setempat yang trauma akibat guncangan gempa,” kata Direktur Masjid Nusantara, Hamzah Fatdri Ulhaq.

Hamzah menambahkan, masjid yang dibangun di atas lahan 8×15 meter ini didukung oleh struktur kontruksi kayu yang memiliki sifat tahan terhadap guncangan gempa. Desainnya pun dibuat menyerupai bangunan khas tradisional Lombok, yakni Rumah Sasak.

Dalam waktu dekat, Masjid Nusantara telah mempersiapkan pembangunan 11 masjid ramah gempa lainnya di Lombok dan Sumbawa. Sebelumnya, Masjid Nusantara juga telah mendirikan sejumlah masjid darurat beratap terpal untuk memfasilitasi warga melaksanakan ibadah.

“Pembangunan masjid yang dilakukan oleh Masjid Nusantara merupakan salah satu upaya kami untuk membangkitkan warga Lombok dari keterpurukan melalui pembangunan masjid. Semoga daerah yang mempunyai julukan pulau seribu masjid ini bisa bersemangat dan bangkit kembali untuk menjalani kehidupannya,” kata Hamzah. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here