spot_img
Ekonomi BisnisMbak Ita Siap Sukseskan Hari Pers Nasional 2023

Mbak Ita Siap Sukseskan Hari Pers Nasional 2023

-

- Advertisment -spot_img
-HARI PERS- Plt Wali Kota Semarang Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita siap menyukseskan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Jawa Tengah yang akan dipusatkan di Kota Semarang. Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu siap menyukseskan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Jawa Tengah yang akan dipusatkan di Kota Semarang. Rangkaian kegiatan HPN 2023 secara kolosal akan dimulai 9 Februari hingga akhir Maret 2023.

Mbak Ita, panggilan akrab Plt Wali Kota, siap membantu serangkaian kegiatan HPN di Kota Semarang. Salah satu kegiatan Rangkaian acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, yakni one day tour pada Kamis dan Jumat (2-3 Maret 2023). Dari pagi sampai sore, para peserta HPN diajak menyusuri desa wisata di Gunungpati.

”Para peserta bisa menikmati sejuknya Kota Semarang bagian atas. Keelokan alam dan keaslian budayanya adalah pesona yang memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan peserta juga bisa menikmati makanan khas Kandri, bisa menanam pohon, dan menikmati objek wisata lainnya, di antaranya wisata Goa Kreo, dan wisata di waduk Jatibarang,” ujar Mbak Ita.

Mbak Ita menambahkan, selama dua hari para peserta akan dimanjakan menikmati sejuknya udara di kawasan Kota Semarang bagian atas. Dari Semarang para peserta akan diajak berangkat bersama menggunakan bus listrik.

Berbagai atraksi yang bisa disaksikan di Desa Wisata Kandri, di antaranya pementasan kesenian ketoprak, wayang kulit, wayang suket, jathilan, belajar gendongan lesung atau tabuh lesung ini merupakan salah satu kesenian yang terus dilestarikan di Desa Wisata Kandri.

”Peserta one day tour juga bisa mencoba sensasi river tubing. Setelah puas belajar dan mengenal budaya lokal, sekarang saatnya mencoba sesuatu yang cukup menantang, yaitu river tubing atau masyarakat lokal menyebutnya dengan nama “Ngintir Kalijogo”. Selain itu juga ada Icip Sego Kethek (nasi monyet) Khas Desa Wisata Kandri. Kalau Yogyakarta identik dengan sego kucing (nasi kucing), Desa Wisata Kandri punya ikon kuliner yakni sego kethek atau nasi monyet,” ujar Mbak Ita.

Ketua PWI Provinsi Jateng, H Amir Machmud didampingi Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, dan Ketua Panitia HPN Zaenal Abidin Petir menyampaikan, puncak peringatan HPN 2023 tingkat Jawa Tengah akan dilaksanakan di Grhadika Bakti Praja pada 3 Maret 2023.

”Pada kegiatan one day tour, panitia juga akan mengadakan lomba menulis. Para wartawan anggota PWI setelah mengikuti wisata, selanjutnya akan membuat tulisan dan ditayangkan di media masing-masing. Karya terbaik akan diberi hadiah,” ujar Amir Machmud.

Audiensi panitia HPN 2023 diterima Plt Wali Kota Semarang, Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Semarang, Masdiana Safitri SH, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, R Wing Wiyarso Poespojoedho SSos MSi, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Semarang, Sunarto, Drs. Giarsito Sapto Putratmo, Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, serta sejumlah pejabat lainnya.

Tema “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024” di-break down dengan spirit “HPN Goes to Campus”, yang bersubstansi semangat kembali ke khitah jurnalistik berkualitas, momentum resonansi sikap bermedia, membangun atmosfer kebangsaan yang sehat, dan memberi gairah bagi pembangunan daerah.

Amir Machmud NS menambahkan, kolosalitas kegiatan akan tampak dalam serangkaian agenda kegiatan yang berbasis intelektualitas dan kesadaran peningkatan sumberdaya manusia (SDM) wartawan.

“Pertama, akan kami gelar Dialog Lima Rektor, yakni Rektor Udinus, UKSW, Unissula, Unika, dan Unwahas di kampus Udinus. Temanya, Media Edukatif Menuju Tahun Politik 2024,” ujar Amir.

Kedua, Dialog “Membangun Kampus Kebangsaan” di Universitas Semarang, menghadirkan Romo Benny, Dr Supari, Dr Ferdinand Hindiarto, dan Prof Dr Imam Taufik. Menkopolhukam Prof Mahfud MD yang juga Dewan Penyantun USM direncanakan menjadi keynote speech.

Ketiga, Dialog “UMKM, Implementasi Ekonomi Khas Indonesia” di kampus Unwahas dengan narasumber Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, pakar ekonomi Unwahas, serta pelaku UMKM.

Keempat, Dialog “Pers Berkebangsaan Menuju Tahun Politik” di kampus UKSW Salatiga. Dialog akan menampilkan Rektor UKSW, akademisi Undip, dan Ketua PWI Jateng.

Kelima, khataman Alquran Grup Ashabul Kahfi yang beranggotakan para wartawan anggota PWI Jateng, diikuti Tausyiyah Tahun Politik di kampus Unissula.
Puncak peringatan HPN 2023 Tingkat Jawa Tengah akan digelar di Ghradhika Bakti Praja pada 3 Maret 2023. Pada hari yang sama juga diadakan pameran foto jurnalistik dan produk-produk UMKM Jawa Tengah.

Selain kegiatan-kegiatan di sejumlah kampus, PWI Jateng bekerja sama dengan PWI Solo dan PWI DIY juga akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersama, dengan label “UKW Joglosemar”.

”UKW yang didukung penuh PT Semen Gresik Pabrik Rembang tersebut direncanakan diadakan di Kota Yogyakarta, sekaligus sebagai kolaborasi ketiga PWI tersebut untuk memeringati HPN 2023,” katanya.(ule)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PGN Mulai Program Jaringan Gas Bumi 2023 di Kota Yogyakarta dan Sleman

YOGYAKARTA – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina sudah mulai melaksanakan perluasan jaringan gas rumah tangga (jargas) di...

Festival Vokasi Satu Hati Diikuti 63 SMK Binaan Honda Jateng

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Setelah diumumkan secara nasional pada 17 Januari kemarin, saatnya Jawa Tengah memulai pula program Festival Vokasi Satu...

Edukasi Safety Riding Pelajar Sekolah dari Astra Motor Jateng

ZONAPASAR.COM, KENDAL – Edukasi keselamatan berkendara tidak boleh dilewatkan bagi semua kalangan termasuk generasi muda atau para pelajar SMA/SMK yang...

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2574, JNE berbagi kebahagiaan dengan semua pelanggan setianya. Agar aktifitas pengiriman...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KAI Daop 4 Semarang Gelar Atraksi Barongsai Di Stasiun Semarang Tawang

ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar...

PLN Sukses Jaga Keandalan Listrik Porseni NU Nasional 2023

ZONAPASAR.COM, SURAKARTA - PLN berhasil menyukseskan kemeriahan gelaran Porseni Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2023 di Surakarta, dengan keandalan pasokan listrik...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda