PeristiwaNormalisasi Capai 90%, BKT Dipastikan Bisa Jadi Andalan Pengendali...

Normalisasi Capai 90%, BKT Dipastikan Bisa Jadi Andalan Pengendali Banjir

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Progres normalisasi Banjir Kanal Timur (BKT) Kota Semarang yang sudah mencapai 90%, dipastikan dapat menjadi pengendali banjir pada musim penghujan yang akan datang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai BBWS Pemali Juana, Dani Prasetyo mengatakan, dari tiga paket normalisasi BKT, saat ini progresnya rata-rata sudah mencapai 90%.

“Normalisasi BKT rata-rata 90%. Ada beberapa parapet di sisi Barito yang kemarin ditempati PKL masih kami kejar penyelesaiannya,” kata Dani, Jumat (25/10/19).

Dikatakan, meski pembangunan belum 100% rampung, BKT dipastikan sudah bisa menjadi pengendali banjir menghadapi musim hujan yang akan datang. Sebab, pengerjaan beberapa ruas alur sungai sudah rampung.

Hanya saja, lanjutnya masih perlu dilakukan percepatan pembangunan peninggian jalan dan jembatan Kaligawe agar aliran air dari hulu dapat mengalir ke hilir secara lancar.

Disebutnya, saat ini alur sungai di bawah jembatan Kaligawe belum ideal untuk mengalirkan air. Sebab, sisi selatan masih dalam tahap pengerjaan.

“Jembatan Kaligawe ranahnya balai jalan nasional. Kami akan koordinasikan segera karena jika posisi jembatan tidak dibuka alurnya, alirannya bisa meluap ke sisi kanan dan kiri,” ucapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga terus melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi musim penghujan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, petugas DPU terus melakukan pengecekan saluran di sejumlah titik untuk memastikan tidak ada sedimen lumpur maupun sampah yang dapat menyumbat aliran.

Sejumlah tempat yang terjadi sedimen, kata dia juga sudah dilakukan pengerukan diantaranya di wilayah Medoho, Simongan, Dempel Kelurahan Tlogosari Kulon, Kelurahan Banjardowo, Kali Tenggang Kelurahan Tambakrejo, Kelurahan Mangkang Kulon, dan saluran Kali Sodor Gayamsari. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda