Ekonomi BisnisPacu Produktivitas, Mitra Ogan Jalin Kerjasama Penjaminan Produksi CPO

Pacu Produktivitas, Mitra Ogan Jalin Kerjasama Penjaminan Produksi CPO

-

- Advertisment -spot_img

JAKARTA- Dalam rangka melakukan pengembangan usaha di bidang industri kelapa sawit dan meningkatkan hasil produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO), Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT Perkebunan Mitra Ogan melakukan penandatanganan Kerjasama Kemitraan Penjaminan Produksi Minyak Kelapa Sawit dengan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI), pada Kamis, (31/5), di Gedung RNI, Jakarta.

Penadatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Perkebunan Mitra Ogan Fikri Al Ansor bersama Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi disaksikan oleh Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo dan jajaran Direksi RNI.

Pada kesempatan tersebut Fikri Al Ansor menyampaikan, selain sebagai bentuk Sinergi BUMN, tujuan kerja sama ini untuk memberikan kepastian pendanaan kepada PT Perkebunan Mitra Ogan guna meningkatkan skala bisnis dan produktivitas CPO.

Pada tahun buku 2018 ditargetkan produksi CPO perusahaan sawit yang berbasis di Provinsi Sumatera Selatan tersebut mampu menembus 47.516 ton, atau ditargetkan meningkat 245,9 % dibanding produksi tahun 2017 yang berada di posisi 13.736 ton.

Hal tersebut seiring dengan target peningkatan produksi Tandan Buah Segar (TBS) Pada tahun 2018 di angka 124.825 ton atau meningkat sebanyak 25,27 % dari tahun sebelumnya sebesar 99.641 ton.

“Melalui peningkatan produksi tersebut kami mematok nilai penjualan di angka Rp 473 miliar,” ungkapnya.

Menurt Fikri, kerjasama kemitraan tersebut akan menyentuh beberapa aspek strategis, seperti pembenahan kebun existing melalui pemupukan dan perawatan tanaman yang sesuai dengan kultur teknis pemeliharaan secara normal.

“Selain itu, juga menyasar pembenahan infrastruktur, berupa perawatan jalan dan jembatan di lingkungan kebun Karang Dapo yang akan mempermudah pengangakutan TBS dari kebun ke pabrik serta pemeliharaan pabrik dalam upaya peningkatan rendemen dan mutu CPO dan palm kernel,” ujarnya.

Fikri mengatakan, penjaminan pendanaan juga diperuntukan bagi pembelian TBS dari kebun plasma dan pihak ke-3 untuk pemenuhan kapasitas pabrik.

“Guna memenuhi kebutuhan pendanaan, sinergi BUMN menjadi prioritas, dalam hal ini kami menggandeng PT KBI yang telah dikenal memiliki reputasi baik sebagai penjamin penyelesaian transaksi komoditas dan keuangan,” ungkapnya.

Struktur sinergi pendanaan dilakukan melalui sistem dana talangan dengan target kreditur lembaga keuangan. Adapun plafond yang ditetapkan sebesar Rp 50 miliar dengan jangka waktu 1 tahun dan jaminan melalui kontrak jual beli antara Mitra Ogan dengan pembeli yang difokuskan pada produk CPO.

Fikri berharap, sinergi ini dapat mempercepat upaya pembenahan Mitra Ogan melalui pencapaian yang lebih baik di tahun 2018 seiring dengan terus membaiknya produktivitas industri sawit di Tanah Air. Berdasarkan data Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), produksi CPO nasional pada semester 1 tahun ini mencapai 19 juta ton, atau naik 5,56 % dibanding produksi semester 1 tahun sebelumnya sebesar 18 juta ton. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda