Menghibur Masyarakat, Pendaftaran Caleg PDIP Tampilkan Atraksi Budaya

 

Atraksi budaya yang ditampilkan PDIP saat pendaftaran bacaleg di KPU Jateng Selasa (17/7).

Semarang – PDIP Jateng menjadi partai yang paling menarik dan mengesankan saat prosesi pendaftaran bacaleg pada Pemilu 2019 di KPU Jateng pada hari terakhir pendaftaran Selasa (17/7). Sebagai partai terbesar di Jateng dengan jumlah 27 kursi di DPRD Jateng, PDIP datang ke KPU dengan dimeriahkan atraksi budaya dengan jumlah peserta hingga 1.500 orang.

Mereka menampilkan berbagai budaya dan kesenian di Jateng. Ada ada pasukan pembawa bendera, grup rebana,  grup drumblek, Semarang Nigh Carnival,  grup barongsai, grup kesenian tek- tek dan lain lain.

Mereka melakukan pawai budaya dari Gedung DPRD Jateng di Jalan Pahlawan hingga kantor KPU di Jalan Veteran. Di sepanjang jalan mereka melakukan berbagai atraksi untuk menghibur masyarakat.

Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU Jateng, Selasa (17/7/2018)

Rombongan tiba di kantor KPU pukul 14.45 dipimpin oleh Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto. Ikut  pula dalam rombongan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Walikota Mbak Ita.

“Kami serahkan berkas bacaleg kami ke KPU. Kuota kami penuh 100 persen, yaitu 120 bacaleg. Untuk bacaleg perempuan mencapai 37 persen,” kata Bambang Kusriyanto pada saat  menyerahkan berkas kepada  Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

PDIP adalah partai nomor urut tiga. Secara kebetulan, partai ini juga menjadi pertai ketiga saat mendaftarkan bacalegnya di KPU Jateng, setelah PKB dan Partai Demokrat.

Bambang  Kusriyanto mengatakan, PDIP memang sengaja membawa pasukan pawai budaya saat datang ke KPU. Hal itu adalah intruksi DPP PDIP. “Kita ingin pendaftaran ini meriah. Selain nguri-nguri budaya, juga sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat dan menginformasikan bahwa ini adalah saatnya pendaftaran bacaleg. Tentu yang ditampilkan masing–masing DPD atau DPC berbeda –beda,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Haryanto menambahkan, dari 27 anggota Fraksi PDIP saat ini,  ada tiga orang yang tidak maju nyaleg di DPRD Jateng. Mereka adalah Rukma Setiabudi (Ketua DPRD Jateng) Dede Sudiro Indra Permana. (Komisi B) dan Mugiono (Komisi A).

“Pak Rukma dan Pak Dede geser nyaleg di DPR RI. Sedang Pak Mugiono tidak maju nyaleg,” kata Bambang Haryanto.

Pendaftar Pertama

Sementara, DPW PKB Jateng menjadi partai pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) 2019 ke KPU Jateng, Selasa (17/7).  Mereka tiba di kantor KPU Jateng Jalan Veteran Semarang sekitar pukul 11.30 WIB dipimpin oleh Sekretaris DPW PKB Sukirman.

“Alhamdulillah, sudah selesai. Kita menjadi partai pertama yang mendaftar di KPU. Kuota terpenuhi yakni 120 bacaleg untuk 13 dapil,” kata Sukirman di kantor KPU.

Dikatakan Sukirman,  di PKB tidak ada rolingan dapil, namun ada satu anggota DPRD Jateng yang akan geser ke DPR RI. “Ada satu yang geser ke DPR RI, yaitu Pak Hasan Asyari.  Lainnya tetap,” katanya.

Sementara, Partai Demokrat menjadi tiba sekitar pukul 13.00.  Mereka datang dipimpin langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Rinto Subekti. “Kita (bacaleg) tidak datang semua. Pendaftaran dilakukan pertai,” katanya.

Diporoleh informasi, dari sembilan angota DPRD Jateng dari Partai Demokrat, semuanya kembali mendaftarkan diri sebagai bacaleg. Delapan orang tetap mendaftar sebagai bacaleg di DPRD Jateng, satu orang geser ke pusat atau DPR RI, yaitu Yoyok Sukawi. “Ya, saya geser ke pusat. Doakan, semoga berhasil,” kata Yoyok, yang juga CEO PSIS ini. (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here