PeristiwaPemkot Magelang Perbaiki Nisan yang Dirusak oleh Oknum Tak...

Pemkot Magelang Perbaiki Nisan yang Dirusak oleh Oknum Tak Dikenal

-

- Advertisment -spot_img

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang saat melakukan perbaikan (recoveri) dan penggantian atas nisan maupun makam yang rusak, Kamis (3/1).

SEMARANG- Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup ambil sikap terkait adanya aksi perusakan nisan makam yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Magelang.

Pemkot Magelang melakukan perbaikan (recoveri) dan penggantian atas nisan maupun makam yang rusak.

“Kalau makam yang bisa langsung diperbaiki, kita perbaiki. Ada juga yang harus dipesankan terlebih dahulu, kalau sudah jadi langsung kita pasang,” ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Magelang, Sumartono, Kamis (3/1).

Dikatakan, selain perbaikan, Pemkot Magelang juga berencana menambah penerangan di kawasan TPU Giriloyo untuk mengantisipasi kejadian serupa tak terjadi di kemudian hari. Lampu-lampu ini akan ditempatkan di jalan dan blok-blok makam sehingga mampu memback up keseluruhan kawasan makam.

“Akan ada tambahan penerangan di kawasan Giriloyo, utamanya untuk malam hari. Akan kita tambah lampu tenaga surya (Solar Cell),” ungkap Sumartono.

Diakuinya, makam-makam yang menjadi sasaran perusakan merupakan makam lama dan tidak memungkinkan untuk dipindah. Untuk itu, pemerintah pun mengambil langkah recoveri.

Sumartono menyebutkan, ada sebanyak 17 blok makam di TPU Giriloyo yang memiliki luas 16,8 hektar tersebut. Ada sebanyak 22 ribu makam di dalamnya. Untuk makam baru, sudah dipisahkan blok-blok antara muslim dan non muslim. Sedangkan makam lama masih belum dipisahkan blok tertentu.
Kapolsek Magelang Selatan, Kompol Moch Choirul Anwar menambahkan, pihaknya terus melakukan penyelidikan intensif atas kasus ini.

“Himbauan kepada masyarakat agar tidak terpancing dan terprovokasi dengan kejadian ini. Tetap tenang, jangan dikait-kaitkan dengan Sara, tahun politik, Pilpres, Pilleg,” kata Anwar.

Dia mengaku belum bisa menyimpulkan dugaan pelaku maupun motif atas kejadian tersebut. Hingga kini, keluarga pemilik makam yang dirusak juga belum ada yang melapor ke Polsek maupun Polres Magelang.

Polisi meyakini bahwa kejadian ini tidak berhubungan dengan kejadian serupa di kota-kota lain.

“Serahkan masalah ini ke kami, mudah-mudahan kita bisa ungkap secepatnya. Untuk membantu pengawasan, kami himbau agar dipasang kamera pengawas (CCTV), petugas makam baik penggali maupun petugas kebersihan agar sama-sama menjaga situasi makam,” tandas Anwar. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda